Puluhan Ribu JKN Masyarakat Purwakarta Dicover DBHCHT

Dinkes Purwakarta
Masyarakat saat melakukan konsultasi di Dinkes Purwakarta. (Foto: Dok. Dinkes Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 dalam program pembinaan lingkungan sosial sektor bidang kesehatan terutama mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Baca Juga:  Tayang Sore Ini! Link Live Streaming Kancil BBK Pontianak vs Cosmo FC Jakarta di Futsal Pro League 2021

Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 3 ayat (1) huruf c point 2. Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT, program pembinaan lingkungan sosial dimaksud antara lain untuk mendukung bidang kesehatan masyarakat.

Dinkes Purwakarta menginformasikan, di tahun ini terdapat puluhan ribu masyarakat Purwakarta yang kepesertaan JKN-nya dicover DBHCHT.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Penjualan Obat Terlarang Berkedok Konter HP di Purwakarta

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) pada Dinkes Purwakarta, Yandi Nurhadian, S.Si., Apt mengatakan, lebih tepatnya DBHCHT digunakan untuk mengcover pembiayaan Iuran dan bantuan iuran kepesertaan JKN masyarakat.

Baca Juga:  BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob di Manado, Simak!

“DBHCHT ini mengcover iuran kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (PBPU dan BP) kelas III yang didaftarkan oleh Pemda Purwakarta sebanyak 10.611 orang dengan besaran pembayaran per orang sebesar Rp 21.000,” ujar Yandi, Sabtu, 25 November 2023.