Resmi Diluncurkan, Ini Perbedaan Telegram Premium dengan Versi Gratis

Telegram Premium resmi diluncurkan. (foto: istimewa)

Konversi pesan suara ke teks

Dengan berlanganan Telegram Premium, pengguna dapat menikmati fitur baru yang memungkinkan untuk mengonversi pesan suara (voice message) menjadi pesan teks. Ini sangat berguna ketika pengguna menerima voice message, namun sedang tidak membawa earphone untuk mendengarkannya.

Nah, dengan fitur transkrip pesan suara ini, pengguna tetap bisa menerima pesan berbasis suara tanpa perlu mendengarkannya. Nantinya, pengguna hanya perlu mengeklik ikon “A dengan panah ke kanan” untuk mentranskrip voice message menjadi pesan teks. Hasil transkrip akan tersedia di bawah voice message.

Baca Juga:  Gugatan Tim BPN Dianggap Keluar dari Prinsip PHPU

Kustomisasi folder chat utama

Selama ini, ketika membuka aplikasi Telegram, pengguna akan langsung melihat seluruh daftar ruang obrolan (all chat), mulai chat dari teman kantor, keluarga, channel yang diikuti, atau chat dari orang baru sekalipun.

Baca Juga:  Bank BJB Purwakarta Layani KUR Bagi UMKM

Dengan berlangganan Telegram berbayar, pengguna mendapatkan fitur premium baru yang dapat mengatur daftar chat miliknya. Alih-alih “All Chat”, pengguna bisa membuat folder chat seperti “Family” (keluarga) atau “Work” (pekerjaan) dan diatur menjadi folder utama di Telegram. Sehingga, setiap kali membuka aplikasi, pengguna dapat melihat folder chat yang diprioritaskan.

Baca Juga:  Ema Sumarna: Pemkot Bandung Segerakan Audit Titik Lingkungan Rawan Banjir