Resmi Diluncurkan, Ini Perbedaan Telegram Premium dengan Versi Gratis

Telegram Premium resmi diluncurkan. (foto: istimewa)

Fitur premium lain

Fitur premium lain yang dapat dinikmati pelanggan premium termasuk puluhan stiker unik, lebih dari 10 emoji reaksi eksklusif, foto profil animasi, hingga kemampuan pengunduhan file yang lebih cepat.

Untuk membedakan dengan pengguna reguler, pengguna Telegram versi berbayar ini juga bakal mendapatkan lencanan khusus (premium badge) berbentuk ikon bintang di samping nama akunnya.

Baca Juga:  Hati-Hati! Penyebar Konten Vulgar Didenda Hingga Rp.500 Juta

Telegram menegaskan bahwa fitur yang selama ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna reguler, akan tetap tersedia secara gratis.

“Kontribusi pelanggan premium akan membantu meningkatkan dan memperluas aplikasi selama beberapa dekade mendatang,” tulis Telegram.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Gemini Hari Ini

“Telegram akan tetap bebas, independen, dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang mengutamakan penggunanya, mendefinisikan ulang cara perusahaan teknologi harus beroperasi,” lanjutnya.

Sayangnya, dalam posting blog tersebut, Telegram tidak merinci harga berlanganan untuk Telegram Premium dan ketersediaannya untuk masing-masing negera.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Diminta Cabut Kebijakan terkait Perbedaan Seragam Guru

Namun, menurut laporan outlet media TechCrunch, harga berlangganan Telegram versi baru ini diperkirakan berkisar antara 5-6 dollar AS atau setara dengan Rp 74.000 hingga Rp 89.000. (red)