Rutin Minum Jamu Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Manfaatnya

Minuman jamu. (Foto: shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG – Jamu, minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan alami seperti rempah-rempah, tumbuhan obat, dan rempah lainnya, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia selama berabad-abad.

Selain memberikan kenikmatan rasa yang khas, minum jamu juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang positif. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa manfaat minum jamu bagi kesehatan yang telah terbukti melalui penelitian dan pengalaman generasi-generasi sebelumnya.

Baca Juga:  Menko PMK Muhadjir Effendy: Kita harus Terima Kenyataan, Indonesia Negara Langganan Bencana!

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat utama minum jamu adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak jamu mengandung bahan-bahan seperti jahe, kunyit, temulawak, dan bawang putih, yang dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta KPU Daerah Harus Samakan Persepsi Terkait Pilpres 2024

Senyawa-senyawa aktif dalam jamu membantu melawan infeksi, mempercepat pemulihan dari penyakit, dan menjaga tubuh agar tetap sehat secara alami.

Menyediakan Sumber Antioksidan

Baca Juga:  Sampah Plastik Ancam Perairan Laut Indonesia

Antioksidan penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Beberapa bahan dalam jamu, seperti kunyit, daun katuk, dan daun sirsak, mengandung senyawa antioksidan yang tinggi.