Sekda Jabar: Pemkot Tangsel Berminat Buang Sampah Di TPPAS Nambo

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan dimungkinkan bisa menggunakan Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Bogor. Namun demikian hal tersebut terlebih dahulu harus mendapat persetujuan Gubernur Jawa Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan, upaya kerjasama pemanfaatan Nambo oleh Tangerang Selatan pada prinsipnya dimungkinkan karena dibawahi payung hukum BKSP Jabodetabekjur.

“Prinsipnya ini memungkinkan, tapi saya harus laporkan dulu ke Pak Gubernur. Karena keputusan ada di beliau,” ujarnya, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya, selain melayani kawasan Bogor Raya dan dimanfaatkan Tangerang Selatan, pemanfaatan potensi Nambo oleh DKI Jakarta sangat terbuka. Namun sebelum menyepakati hal tersebut, pihaknya masih memastikan proses negoisasi dengan PT Indocement tuntas.

Baca Juga:  Walikota Terpilih Sukabumi Susun Program 100 Hari Kerja

“Ini memang tindak lanjut pertemuan BKSP di DKI Jakarta. Sampah memang menjadi salah satu pembahasan. Kemungkinan kerja sama bisa, karena kita NKRI dan ada payung BKSP. Tinggal kajian teknis dan langkah-langkah lanjutan,” tuturnya.

Iwa berharap, jika proses-proses teknis sudah selesai, maka pembangunan Nambo diharapkan bisa tuntas dan dioperasikan pada akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020 mendatang.

Sementara urusan tipping fee, menurutnya, akan dibahas jika financial closing PT Jabar Bersih Lestari dan PT Indocement selesai. “Belum ke arah sana, ini dilaporkan dulu ke gubernur,” ujarnya.

Baca Juga:  Polda Papua Berikan Trauma Healing Kepada Masyarakat di Wamena

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menggelar rapat bersama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa membahas rencana pemanfaatan TPPAS Nambo, Bogor sebagai tempat pembuangan sampah dari wilayahnya.

Airin mengatakan, kedatangannya ke Gedung Sate guna menindaklanjuti rapat Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP) Jabodebatekjur pekan lalu yang dipimpin Gubernur DKI Anies Baswedan. “Kami menindaklanjuti kerjasama TPPAS Lulut Nambo, yang terletak di wilayah Kabupaten Bogor,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (11/4/2018).

Baca Juga:  5.000 Personel Gabungan Kawal Pernikahan Kaesang Putra Jokowi

Menurutnya Kota Tangerang Selatan memiliki persoalan sampah dimana kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada saat ini mulai terbatas. “Tangsel kan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Sehingga mudah-mudahan [Nambo] bisa jadi salah satu solusi bagi kami pemerintah kota dalam rangka pelayanan di bidang persampahan,” tuturnya.

Dia berharap kerjasama pemanfaatan Nambo bisa terwujud karena akan sangat membantu pihaknya menyelesaikan persoalan sampah. “TPA kita konsepnya sanitary landfill, luas wilayah kita sedikit, jumlah penduduknya banyak 1,5 juta. Sampah sesuatu yang tidak pernah bisa berhenti,” ujarnya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat