Sembilan Kebiasaan Ini Diyakini Bisa Memperpanjang Umur Manusia

Aktif berolahraga diyakini bisa memperpanjang usia (1)
Aktif berolahraga diyakini bisa memperpanjang usia . (foto: istimewa)

Konsumsi kacang secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti melindungi jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi peradangan, mengontrol diabetes, mengatasi sindrom metabolik, dan menurunkan kadar lemak di perut.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 3 porsi kacang per minggu memiliki risiko kematian dini 39 persen lebih rendah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan asupan kacang dalam diet Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Baca Juga:  Jabatan Akun Di Sekwan DPRD Dicopot, Camat Bungursari Tak Jadi Nyaleg

Kunyit

Salah satu pilihan strategi antipenuaan yang baik adalah mengonsumsi kunyit, karena rempah ini mengandung senyawa bioaktif yang kuat yang disebut kurkumin. Diketahui bahwa kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga diyakini dapat membantu menjaga fungsi otak, jantung, dan paru-paru, serta memberikan perlindungan dari risiko kanker.

Baca Juga:  Stok Darah di PMI Cianjur Mengalami Krisis

Manfaat Makanan Nabati untuk Kesehatan

Mengonsumsi beragam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, memiliki efek positif bagi kesehatan dan meningkatkan potensi umur panjang.

Baca Juga:  6 Langkah Hindari Pinjol Ilegal Menurut OJK

Pola makan yang kaya dengan sumber tumbuhan dapat mengurangi risiko kematian dini, mengurangi kemungkinan terkena kanker, sindrom metabolik, penyakit jantung, depresi, serta dapat membantu menjaga kesehatan otak.