Simak Manfaat Minum Kopi dengan Cokelat untuk Kesehatan

Ilustrasi manfaat dan dampak minum kopi bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi manfaat dan dampak minum kopi bagi kesehatan tubuh. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Manfaat minum kopi terhadap kesehatan usus semakin menjadi fokus penelitian oleh para ahli, mengingat berbagai manfaatnya dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan, termasuk dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

“Polifenol dalam kopi dapat memberi makan bakteri usus yang menguntungkan, merangsang pertumbuhan dan aktivitasnya. Selain itu, kopi juga dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri yang berpotensi merugikan,” ujar ahli gastroenterologi yang berbasis di Davenport, Florida, Joseph Salhab.

Baca Juga:  Selain Manggis, Ini Dua Produk Asal Purwarkarta yang Siap Mendunia

Menurut Dr. Salhab, menambahkan bubuk kakao atau cokelat ke dalam minuman kopi juga dapat meningkatkan kesehatan usus. Mengapa demikian? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Baca Juga:  Tiga Ide Bisni Rumahan yang Bisa Kalian Coba Saat Menganggur

Seperti diketahui, kopi dan cokelat memiliki manfaat tersendiri dalam hal pencernaan. Kopi, yang dikenal kaya akan antioksidan dan senyawa lain yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan melindungi terhadap sejumlah kondisi kesehatan, merupakan salah satu contohnya, seperti yang dijelaskan oleh Johns Hopkins Medicine.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Lepas Ekspor Kopi Garut ke Belanda

Banyak manfaat kesehatan dari kopi yang terkait dengan antioksidan. Hal ini mungkin berlaku khususnya untuk kesehatan usus. Antioksidan dalam kopi membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang dapat menyebabkan masalah dalam sistem pencernaan, seperti yang dijelaskan oleh Sarah Robbins, seorang ahli gastroenterologi dan pendiri Well Sunday.