Simak! Tiga Teknik Latihan Pernapasan Ini Bisa Bikin Paru-Paru Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Paru-paru yang sehat membuat tubuh memiliki kapasitas penyimpanan jumlah udara yang besar. tentunya hal ini bisa membuat kalian menjadi tidak mudah ngos-ngosan. Agar paru-paru sehat, kalian bisa melakukan teknik latihan pernapasan.

Untuk kalian ketahui, ternyata teknik latihan pernapasan memiliki banyak jenisnya. Dari sekian banyak gerakan tersebut. Kalian bisa memilih salah satu diantaranya untuk diaplikasikan dalam kehidupan.

Oleh sebab itu berikut beberapa teknik latihan pernapasan agar paru-paru tetap sehat yakni:

Pertama. Latihan pernapasan diafragma – Latihan pernapasan ini melibatkan diafragma dan bagian perut. Teknik yang satu ini disebut dapat membantu memudahkan usaha Anda saat menarik napas.

Baca Juga:  Pelaku Penembakan di Kantor MUI Sempat Kirim Surat Sebelum Beraksi, Begini Isinya

Caranya, Duduk santai sambil bersandar. Letakkan satu tangan di perut Anda dan satu lagi di dada Anda. Tarik napas melalui hidung selama dua detik, rasakan udara bergerak mengisi perut. Rasakan perut Anda semakin penuh bergerak membesar. Perut harus bergerak lebih banyak dibandingkan dada Anda.

Lalu, Hembuskan napas selama dua detik melalui bibir yang terbuka kecil sambil merasakan perut mengempis. Ulangi 10 kali. Tetap lemaskan bahu Anda sepanjang pengulangan, dan jaga punggung tetap tegak selama berlatih pernapasan diafragma ini.

Baca Juga:  Jika Terpilih Jadi Gubernur, Emil Pastikan Pembangunan Dibatasi

Kedua. Latihan pursed-lips breathing – Dilansir dari laman COPD Foundation, teknik pernapasan ini sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Anda dilatih untuk mengurangi jumlah napas yang Anda ambil dan membuat saluran udara Anda terbuka lebih lama.

Caranya, Tarik nafas perlahan melalui hidung, pastikan bibir Anda tertutup. Hembuskan napas perlahan-lahan melalui bibir yang mengerucut atau terbuka sangat kecil. Keluarkan selambat mungkin, lebih lama dari saat Anda menarik napas. Ulangi kembali. Anda bisa melakukannya sambil berdiri maupun duduk.

Ketiga. Latihan rib stretch – Teknik latihan pernapasan ini cukup mudah dilakukan. Kunci dari latihan ini adalah menahan sebanyak mungkin udara di paru-paru selama 10-25 detik.

Baca Juga:  Pembangunan PLTA Cikaso Ditargetkan Selesai 2019

Caranya, Berdiri tegak dan badan lurus. Embuskan semua oksigen dari paru-paru Anda. Ambil nafas perlahan, isi paru-paru dengan udara sebanyak mungkin. Tahan napas Anda selama 10-15 detik.

Jika belum sanggup untuk langsung menahan napas selama itu, tahanlah 6 atau 7 detik dulu. Tambah secara bertahap sampai terbiasa menahan napas selama 10-15 detik. Sesudah melalui 10-15 detik, embuskan nafas kembali hingga semua oksigen dari paru-paru keluar. (Red)