Taiwan dan Malaysia Putuskan Tarik Produk Indomie dari Pasaran, Ini Kata PT Indofood

mi instan
Mi instan disebutkan mengandung zat Etilen Oksida yang bisa memicu kanker. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Taiwan dan Malayasia memutuskan menarik produk Indomie di wilayah mereka. Keputusan dua negara tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini menyusul temuan zat etilen oksida yang disebut sebagai pemicu kanker.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Taiwan misalnya. Terpaksa menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran. Hal ini menyusul adanya temuan zat etilen oksida dalam bumbu mi instan tersebut.

Baca Juga:  Singapura Tarik Peredaran Kecap ABC dan Saus Sambal ABC, Diduga Mengandung Sulfur Dioksida

Seperti diketahui, zat etilen oksida merupakan senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia. Zat ini disebut bisa memicu kanker,

Atas temuan tersebut, Kemenkes Taiwan pun meminta para pengecer menarik dua produk ini dari toko-tokonya. Sementara itu, para importir kedua produk bakal dikenakan denda antara 60 ribu dolar Taiwan atau setara Rp29 juta hingga maksimal 200 juta dolar Taiwan atau setara Rp97 triliun.

Baca Juga:  Kode Redeem FF 3 Agustus 2022, menangkan Trial Senjata Gratis

Kepala Divisi Makanan dan Obat-obatan Kemenkes Taipei Chen Yi-ting mengatakan inspeksi mi instan itu dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba guna, hypermarket, pasar tradisional, toko makanan Asia Tenggara, dan importir grosir di Taipei.

Baca Juga:  Soal Kenaikan Harga Mi Instan Tiga Kali Lipat, Mendag Zulkifli: Tidak akan Naik!