Begini Cara Mengobati Gigitan Lipan Atau Kelabang Agar Tidak Infeksi

JABARNEWS | BANDUNG – Tak banyak orang yang pernah merasakan digigit kelabang atau lipan. Namun jika masalah itu terjadi padamu, berhati-hatilah.

Pasalnya, kelabang bisa mengeluarkan racun dari mulutnya ketika ia menggigitmu. Racun ini bisa menimbulkan nyeri atau rasa sakit berkepanjangan.

Oleh sebab itu berikut berapa cara mengobati kelabang atau lipan agar tidak infeksi yakni:

Baca Juga:  Kalahkan Marjan, Dafia Sumbang Emas Pertama Indonesia

Pertama. Minyak tawon – Cara mengobati gigitan kelabang atau lipan agar tidak infeksi yang pertama yakni dengan mengoleskan minyak tawon.

Minyak tawon terbuat dari ekstrak kunyit yang mengandung senyawa aktif curcumin. Ini menyebabkan bahan tersebut efektif menurunkan risiko peradangan di kulit.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Stadion Sepak Bola Termegah Yang Ada Di Indonesia

Kedua. Biji Asem – Cara selanjutnya untuk mengobati gigitan lipan atau kelabang agar tidak infeksi yakni menggunakan biji asem.

Untuk membuat nya, Kamu hanya perlu membukanya hingga halus sebelum digunakan. Kemudian, bubuhkan racikan tersebut ke area kulit yang terluka dan diamkan 10-20 menit.

Baca Juga:  Dua Petani di Indramayu Tewas Diserang Membabi Buta, 10 Orang Ditangkap Polisi

Ketiga. Kompre dengan Air es – cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengobati gigitan lipan atau kelabang yakni dengan mengompresnya dengan es batu.

Namun, sebelumnya kamu mesti mencuci luka tersebut menggunakan sabun yang memiliki antis septik. Tentunya hal tersebut bisa di coba. (Red)