Camat Terbaik Bandung Disekolahkan Ke Seoul Korea Selatan

JABARNEWS | BANDUNG – Dinilai terbaik dari 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung, 10 Camat ini bakal diberi kesempatan sekolah singkat di Seoul Korea Selatan.

Mereka akan berangkat pada Senin (9/7/2018) hingga seminggu kedepan.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, 10 Camat itu bakal belajar di lembaga pelayanan publik Korea Selatan yang merupakan kelas dunia, sehingga mereka bisa belajar dari negara maju itu.

“10 Camat ini datang dari kelompok yang terbaik, jadi kalau di Bandung kita bikin tiga zona, rapot merah, kuning, dan hijau dari 30 kecamatan itu 27 rapot hijau dan 3 kuning. Tapi Alhamdulillah tidak ada zona merah, target tahun depan semua zona hijau, mereka terpilih dari kelompok terbaik, yang dinilai segala rupa,” jelasnya, usai memberi pembekalan pada 10 Camat tersebut di balai kota, Kamis (5/7/2018).

Baca Juga:  Petaka Saat Susur Sungai, 11 Siswa MTs Harapan Baru Pesantren Cijantung Ciamis Tewas

Penilaiannya sendiri mulai tugas pemerintahan dan penilaian warga. Camat yang paling dicintai warganya mendapat poin lebih.

“Ada kualitas kepimpinan itu dari atas samping bawah, pertahankan standar Bandung juara. Yang akan saya bawa juga poin meningkatkan kualitas ini se-Jawa Barat saat saya jadi Gubernur,” paparnya.

Masih kata Emil, para Camat itu akan belajar inovasi pelayanan publik, smart city terkait kewilayahan, belajar tentang desain dan pemeliharaan wilayah, kepemimpinan.

“Di akhir bikin paper juga, jadi ini bukan kunjungan biasa tapi merek harus serius belajar. Anggaran yang kita keluarkan untuk mereka sebesar Rp 600 juta untuk 10 Camat selama seminggu,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ratusan Tenda untuk Iktikaf Padati Majid Habiburrahman

Selain ke Seoul tersebut, sebelumnya, kata Emil, Pemkot Bandung sempat mengirim para kepala dinas ke Singapura kemudian beberapa pejabat Pemkot juga ke Cortland Amerika dan kali ini ke Korea.

“Pilihannya Korea karena saya kenal baik dengan Limin ho. Sebenarnya hubungan kami ini sangat baik bahkan Wali Kota-nya mengatakan hubungan dengan Bandung sangat baik sampai tiga wali kotanya datang, maka kewajiban saya memberikan kerjasama yang terbaik,” jelasnya sambil tersenyum.

Di sisi lain, kecamatan masih diberi rapot kuning yakni Kecamatan Andir, Kiaracongon, dan Kecamatan Regol. Sedang nilai tertinggi diperoleh Camat Cinambo dengan perolehan nilai 93 poin.

Baca Juga:  100 UMKM Ikuti Pelatihan Pemasaran Berbasis Online

Sementara itu Camat Batununggal, Endang Hidayat, mengatakan, nanti para camat ini diminta mengeksplor Kota Bandung.

“Nanti kita ekpose sampaikan inovasi apa saja di sini. Dan kita sendiri ke sana melihat inovasi pelayanan publik di sana dan nantinya kita buat action plannya,” jelas Endang.

Masih kata Endang, ada tujuh poin penting yang dititip Wali Kota saat berada di Seoul, yakni trotoar, pohon, sungai, taman inovasi, reklame bagaimana penempatan di sana, aksesoris kota seperti seni patung, kursi dan lainnya, serta perilaku sosial masyarakatnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat