Kab. Bandung Dan Kab. Garut Diguncang Gempa 3,1 SR

JABARNEWS | BANDUNG – Dua daerah di Jawa Barat dilanda gempa bumi, sekitar pukul 07.52, Jumat (7/9/2018). Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Tangerang, gempa bumi terasa di Wilayah Majalaya, Kabupaten Bandung dan Kamojang, Kabupaten Garut.

’’Ditinjau dari lokasi dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, akibat sesar lokal di wilayah tersebut,’’ ungkap Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II Tangerang Joko Siswanto, dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (7/9/2018).

Baca Juga:  Disesatkan Google Map, Enam Pelajar Hilang di Hutan Sibolangit Ditemukan

Analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi tektonik berkekuatan 3,1 skala richter (SR) dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.19 LS – 107.79 BT. Tepatnya di darat pada jarak 19 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung Jawa Barat pada kedalaman 4 kilometer.

Baca Juga:  Menteri Eko: Saatnya Desa Berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Hingga laporan ini dibuat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. ’’Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, sebab BMKG akan terus memantau perkembangan gempa tersebut,’’ imbau Joko.

Baca Juga:  Pimpin Penyerangan Ruko Kalideres Hercules Terancam Dihukum Tujuh Tahun Bui

Khusus masyarakat yang berada dekat dengan pusat gempa dan merasakan guncangan gempa, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat