Kasus Covid-19 Menurun, Peringatan HUT RI di Cimahi Tetap Sederhana

JABARNEWS | CIMAHI – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana memimpin rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di lingkungan Pemerintahan Kota Cimahi, Selasa (17/8/2021). 

Rangkaian kegiatan diawali dengan pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan apel Pemkot Cimahi, Jawa Barat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan keikutsertaan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, secara virtual.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang digelar di lapangan Apel Pemkot Cimahi dihadiri oleh undangan terbatas dan para peserta upacara.

Baca Juga:  Pemuda Paningkiran Dirikan Kampung Mbaca Untuk Anak-anak

Upacara peringatan HUT RI di Cimahi diselenggarakan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan aturan protokol kesehatan. 

Peserta upacara dibatasi dengan hanya diikuti oleh Forkopimda, Danrem 06/02, Komando Garnisun Tetap (KOGARTAP) II Bandung, unsur TNI dan Polri, serta beberapa PNS Eselon II.  

“Pada hari ini, Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan, HUT RI ke-76, yang dilaksanakan di area apel Pemkot Cimahi yang pelaksanaannya mengikuti petunjuk atau instruksi dari Kementerian Sekretaris Negara dan Kementerian Dalam Negeri,” kata Ngatiyana.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Enggan Tanggapi Berlebih Uu Sebagai Ban Serep

Ngatiyana menyampaikan, peringatan HUT RI mesti dimaknai dengan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan RI.

Dia pun bersyukur bahwa peringatan HUT RI kali ini angka kasus Covid-19 di Cimahi tengah mengalami penurunan. Dia berharap, bangsa Indonesia bisa cepat kembali pulih dan pandemi Covid-19 segera berakhir. 

Dalam upacara peringatan HUT RI di Cimahi, tampil sebagai komandan upacara Mayor Arh Andreas Winardi, sedangkan pembacaan teks Pancasila dibacakan Dandim 0609 Letkol Toddy Wahyudi.

Baca Juga:  Penerima Bansos PPKM di Kota Bandung Tak Sesuai, Kadinsos: Silakan Lapor

Pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan, pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Cimahi Ahmad Zulkarnain, dan pembacaan doa oleh Kepala kementerian Agama Kota Cimahi Dudu Rohman.  

Rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di Cimahi ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera yang juga dipimpin oleh Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana. (Red)