5 Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh, Dapat Mencegah Kanker dan Diabetes

manfaat buah tin (Foto: Freepik)

1. Mencegah terjadinya kanker – Selain mencegah penyakit kronis, antioksidan dalam buah tin juga dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Salah satunya adalah perkembangan penyakit kanker.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak buah tin memiliki aktivitas antikanker yang bisa bekerja pada sel kanker payudara. Namun, masih perlu penelitian dan uji klinis lebih lanjut sebelum potensi ini benar-benar bisa dikembangkan menjadi obat.

Baca Juga:  Alasan Perlunya Menkonsumsi Buah Setiap Hari

2. Meningkatkan kesehatan kulit – Antioksidan pada ekstrak buah tin dinilai baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit. Namun, penelitian ini masih sebatas pada hewan dan diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efek buah tin pada kesehatan kulit.

Baca Juga:  Oknum PNS Pemkab Cirebon Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba, Ini Kata Bupati

3. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh – Manfaat kesehatan dari buah tin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan nutrisi yang beragam dan sifat antioksidan yang tinggi membuat buah tin dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Baca Juga:  Implementasikan SPIP, Wujudkan Tata Kelola Good Governance dan Clean Government

Sifat antioksidan khususnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing dapat ditangkap.