Berikut Lima Keutamaan Sholat Subuh

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai orang muslim, mengerjakan sholat lima waktu merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Ibadah sholat juga masuk dalam salah satu rukun islam yang dianggap sebagai pondasi agama.

Betapa banyak kaum muslimin yang lalai dalam mengerjakan shalat shubuh. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya ketimbang bangun untuk melaksanakan shalat.

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh. Dilansir dari beberapa sumber, berikut keutamaan sholat subuh dua rakaat:

Baca Juga:  Jabar Siapkan Aplikasi Pemesanan Minyak Goreng, Bagai Mana Caranya?

Pertama. Disaksikan Oleh Para Malaikat – Orang yang melakukan shalat Subuh berjamaah di masjid akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam hari dan para malaikat yang bertugas di siang hari.

Kedua. Dilapangkan Rezeki – Pernah suatu ketika Nabi SAW shalat subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah ra sedang tidur. Kemudian beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya,

Baca Juga:  Polisi di Purwakarta Masifkan Vaksinsi Covid-19 Bagi Lansia

“Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari.”(H.R. Baihaqi).

Ketiga. Penghalang Masuk Neraka – Neraka ialah tempat yang paling mengerikan di akhirat kelak. Tak ada satupun mahluk yang ingin menetap disana meskipun satu detik saja. Keutamaannya merupakan salah satu penghalang masuk nya kita ke dalam neraka.

Baca Juga:  Mengenal Sosok Almarhum Arifin Panigoro, Si Pengusaha Anggota Wantimpres

Keempat. Sumber Cahaya di Hari Kiamat – Shalat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan padam. Matahari akan “digulung”. Ibadahlah yang akan menerangi pelakunya.

Kelima. Tidak Tergolong Orang Munafik – Manfaat shalat subuh bagi umatnya dapat menjadikan umatnya terhindar dari sifat-sifat munafik. Sholat subuh akan dapat menghindarkan kita dari penyakit kemunafikan tersebut.

Penulis: Muhammah Amaludin