Ini Himbauan Bupati Sukabumi Pasca Diguncang Gempa

JABARNEWS | SUKABUMI – Gempa berkekuatan 5 magnitudo mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Barat, bahkan getaran gempa itu juga terasa di DKI Jakarta.

Gempa terjadi pukul 17.18 WIB Selasa (10/3/2020), gempa berada di koordinat 6,89 lintang selatan (LS) dan 106,62 bujur timur (BT). Titik gempa berada di 13 km timur laut dengan kedalaman 10 km.

Sejumlah bangunan di beberapa desa di Sukabumi rusak diguncang gempa kemarin petang. Bupati Marwan Hamami meminta jajarannya untuk sigap dalam penanganan bencana pasca gempa.

“Kita sudah memerintahkan jajaran BPBD dan dinas sosial untuk secepatnya mengatasi persoalan-persoalan gempa yang terjadi beberapa wilayah,” ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, saat ditemui, Rabu (11/03/2020).

Kata Bupati, diantaranya Kecamatan Kabandungan Kalapanunggal. Dampaknya memang sangat mempengaruhi kepada infrastruktur pemukiman.

Bupati juga minta masyarakat terus waspada dan tenang serta menghindari daerah-daerah tebing atau daerah yang berada zona tidak aman.

Sementara itu melalui pesan aplikasi, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Anita Mulyani, menyatakan hingga hari ini belum ada laporan korban jiwa.

“Berapa orang yang luka sudah ditangani di klinik terdekat. BPBD pun sudah membangun tenda darurat,” ujarnya

Diketahui, gempa di Sukabumi membuat 173 warga mengungsi dan tiga orang terluka. Selain itu, gempa mengakibatkan 202 rumah rusak. (Red)