Penyemprotan Disinfektan di Desa Cihanjawar Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mengantisipipasi penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) atau yang dikenal dengan virus Corona, Pemerintah Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta lakukan penyemprotan cairan disinfektan di ruang publik dan setiap rumah warga.

Kepala Desa (Kades) Cihanjawar, E.Nurhayat mengungkapkan, penyemprotan cairan desinfektan tersebut dilakukan di sarana ibadah atau masjid juga gedung sekolah serta rumah penduduk yang ada di wilayah setempat.

“Cairan disinfektan ini kami buat sendiri, dalam pembuatannya kita dibimbing oleh pihak puskesmas,” ungkap Nurhayat, pada Sabtu (28/3/2020).

Selain melaksanakan penyemprotan, lanjut dia, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat agar terhindar dari Covid-19.

“Dalam kegitan penyemprotan ini kita juga mengimbau masyarakat untuk mencegah penyebaran Virus Corona mulai dari menjaga kebersihan dan kesehatan,” papar Kades yang sudah menjabat 3 periode itu.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya mengajak masyarakat untuk menghindari mobilisasi massa, menjaga jarak dengan orang lain juga menjauhi kerumunan.

“Dan kami juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa mencuci tangan dengan menggunakan antiseptik, menggunakan masker bila mengalami batuk pilek dan sesak napas,” ungkapnya.

Lebih jauh pihaknya juga mengingatkan warga yang mengalami batuk pilek dan sesak napas agar segara memeriksakan diri ke Puskesmas maupun Rumah sakit.

“Disamping itu semua saya juga mengingatkan masyarakatkan semua ialah selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada alloh SWT agar selalu dijauhkan dari segala musibah,” harapnya.

Dia berharap, sosialisasi yang dilaksanakan dari pintu ke pintu masyarakat tersebut dapat memiliki dampak yang signifikan.

“Sehingga, selain terjauh dari Virus Corona masyarakat juga dapat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat,” imbuhnya. (Gin)