Simak! Beberapa Tempat Ini Harus Diwaspadai Selama Pandemi Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Masyarakat diminta perlu untuk mewaspadai saat berada dibeberapa tempat selama pandemi Covid-19. Setidaknya ada 20 tempat dimana harus menerapkan protokol kesehatan.

“Ada 20 tempat yang perlu diwaspadai masyarakat selama pandemi Covid-19,” ujar Dewi Nur Aisyah, Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kamis (03/09/2020)

Ia mengatrakan, masyarakat wajib menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak aman minimal satu meter dan rutin mencuci tangan di air mengalir pakai sabun selama 20 detik atau hand sanitizer.

Baca Juga:  China Persiapkan Jaringan Masa Depan 6G

“20 Tempat tersebut adalah kegiatan sosial, tahlilan, pengajian, pernikahan, ibadah, asrama, pesantren, panti asuhan dan pengungsian,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga perlu waspada bila berada di apartemen, kos-kosan, pemukiman padat, pasar dan perkantoran atau industri. Kemudian fasilitas kesehatan, transportasi umum, MRT, LRT dan KRL, komunitas olahraga, tempat wisata dan hiburan.

Baca Juga:  Tak Sekedar Joget-joget, TikTok Kini Mengembangkan Promosi Bisnis

Ia mengingatkan, selama pademi Covid-19, masyarakat perlu sekali hati-hati akan penyebaran virus corna, yang saat ini kasus tersebut masih tergolong tinggi.

“Ini memang perlu sekali hati hati. Hati-hatinya ekstra,” ujarnya,

Sebelumnya, Dewi mengatakan penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat semakin tinggi. Hal ini dilihat dari positivity rate Covid-19 di Indonesia dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga:  PKB Rekomendasikan Pasangan Calon Ini Buat Pilkada di Jabar

Positivity rate adalah persentase orang yang memiliki hasil tes positif Covid-19 dibandingkan jumlah orang yang dites.

“Jadi kita melihat masih adanya penularan di masyarakat yang terjadi semakin banyak, semakin tinggi,” ujarnya saat mengisi Talk Show Covid-19 Dalam Angka yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (2/9). (Red)