Banjir di Serdang Bedagai Makin Meluas, 1000 Rumah Terendam Air

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Akibat intensitas hujan cukup tinggi dan meluapnya air Sungai Bedagai dan Sungai Belutu mengakibatkan merendam 1000 rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dengan ketinggian air antara 30 cm sampai 1 meter,  Jumat (15/1/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Henri Suharto mengatakan, ada 3 kecamatan terandam banjir, Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Sei Bamban dan Kecamatan Perbaungan, ketinggian air berkisar antara 30 cm sampai 1 meter.

Baca Juga:  SDM Bandung, Diproyeksikan Kerja Sama Dengan Afrika

“Data sementara ada 1000 rumah terendam banjir dan 100 hektar lahan persawahan di 3 kecamatan,” katanya.

Ia menjelaskan, terjadinya banjir disebabkan intensitas hujan cukup tinggi dan meluapnya air sungai Bedagai dan Sungai Belutu sehingga masuk kepemukiman warga. Pihak BPBD sudah menurunkan 1 perahu karet untuk membantu evakuasi warga di Dusun 1 Gang Kancil, Desa Sei Rampah serta menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir di Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Air Sungai Cibeet di Karawang Menghitam dan Bau Tak Sedap

“Untuk data lengkap masih menunggu laporan dari camat, sementara data terdata ada 1000 rumah dan 100 hektar lahan persawahan terendam banjir,” ucap Henri.

Menurut dia, banjir terparah di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah dengan merendam lebih 800 rumah, sementara Kecamatan Sei Bamban, berkisar 150 rumah dan Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan berkisar 50 rumah.

Baca Juga:  Setelah Bebas Bersyarat Rizky Billar: Sebagai Manusia Saya Tidak Luput Dari Khilap

“BPBD belum mendirikan tenda darurat dan dapur umum, bila banjir terus meluas, baru dibangun tenda dan dapur umum,” ungkapnya.

Penulis: Ahmad Putra