Antisipasi Situasi Global, Pemkab Purwakarta Dorong Peningkatan Kapasitas Kades

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Ia juga mengungkapkan bahwa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).telah mendorong penggunaan dana desa untuk menciptakan ketahanan pangan secara mandiri, kolaboratif dan berkelanjutan sesuai dengan amanat dalam Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

“SDGs Desa merupakan upaya terpadu dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli pendidikan, ramah perempuan, berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” beber Ambu Anne.

Ia juga berharap seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Purwakarta dapat memanfaatkan sumber anggaran yang masuk untuk membiayai program dan kegiatan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Hal ini dapat dilaksanakan oleh pemerintah desa apabila proses perencanaan pembangunannya melibatkan peran serta masyarakat desa,” kata Ambu Anne.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPMD Kabupaten Purwakarta dan jajaran DPC APDESI Kabupaten Purwakarta atas terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas bagi kepala desa di Kabupaten Purwakarta.