Dosen PGSD IKIP Siliwangi Fasilitasi Guru Memahami Stem Dalam Pembelajaran Proyek Isu Perubahan Iklim pada Jenjang Sekolah Dasar

Antusiasme para peserta, 160 guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat
Antusiasme para peserta, 160 guru sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat . (foto: istimewa)

Sementara topik yang dibahas meliputi tiga konsep besar, yaitu pembelajaran proyek dalam Kurikulum Merdeka dan implementasinya, STEM dalam pembelajaran, dan perubahan iklim sebagai isu global yang urgen untuk segera diatasi.

Pengambilan topik tersebut sejalan dengan digulirkannya Kurikulum Merdeka yang didalamnya terdapat implementasi “Pembelajaran Proyek” sebagai pembelajaran ko-kurikuler, Hal ini menjadi angin segar untuk mengangkat isu perubahan iklim dalam pembelajaran, khususnya di sekolah dasar.

Baca Juga:  Soal Air Sungai Cimeta Berubah Warna Merah, DLH: Tidak Berdampak pada Lingkungan
Pembukaan kegiatan Workshop STEM dalam Pembelajaran Projek untuk Isu Perubahan Iklim di Sekolah Dasar
Pembukaan kegiatan Workshop STEM dalam Pembelajaran Projek untuk Isu Perubahan Iklim di Sekolah Dasar. (foto: istimewa)

Mengingat salah satu tema pembelajaran proyek yang bisa diusung ialah “Gaya Hidup Berkelanjutan” yang relevan untuk topik tersebut.

Komposisi kegiatan workshop terdiri atas pemaparan secara teoritis, diskusi dan tanya jawab, hingga praktik penyusunan modul proyek dengan mengimplementasikan STEM untuk pengendalian perubahan iklim. Pemaparan teoritis, diskusi dan tanya jawab dimulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Baca Juga:  Kebakaran Meluas, Operasional TPA Sarimukti Bandung Barat Dihentikan

Selanjutnya praktik penyusunan modul dilaksanakan mulai 24-26 Agustus 2023. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru bisa memperoleh pemahaman dan mampu mengaplikasikan STEM dalam pembelajaran proyek untuk isu perubahan iklim.

Terselenggaranya workshop ini merupakan jalinan sinergitas yang kuat antara Prodi PGSD IKIP Siliwangi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan sebagai salah satu pilar pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga:  Remaja Asal Bandung Barat Diringkus Polisi di Purwakarta Usai Lakukan Pencurian

Harapannya ke depan kegiatan serupa dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dapat terlaksana semakin baik. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News