Fitch Naikkan Rating Nasional Jangka Panjang Bank BJB Menjadi AA-(Idn) dengan Outlook Stabil

Bank BJB Tandamata Untuk Negeri (Foto: Istimewa)
Bank BJB Tandamata Untuk Negeri (Foto: Istimewa)

Menurut Fitch, terdapat beberapa faktor penggerak peringkat bank bjb. bank bjb sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, dengan pangsa pasar sekitar 1,7% dari aset industri perbankan per-Juni 2022 dinilai memiliki kecenderungan untuk didukung oleh pemerintah pusat mengingat perannya yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi pasar dalam negeri Jawa Barat dan Banten. Apalagi dua provinsi tersebut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional.

Fitch juga meyakini bahwa bank bjb akan terus menerima dukungan modal dari pemegang saham langsung untuk mempertahankan pertumbuhan kredit. Sementara dari sisi kualitas aset dan profil pendapatan maupun profitabilitas bank bjb dinilai memadai, dimana profitabilitas khususnya didukung oleh eksposur bank yang besar di segmen pinjaman pegawai negeri sipil dan pensiunan yang berisiko rendah.

Kenaikan peringkat itu mencerminkan bank bjb telah melakukan peningkatan yang konsisten dari kinerja keseluruhan selama beberapa tahun terakhir, terutama mengingat ketahanan bisnis captive berkualitas tinggi di tengah dampak pandemi sejak tahun 2020, yang tercermin dari semakin kuatnya posisi usaha bank bjb di industri perbankan, dikombinasikan dengan rasio kredit bermasalah (non performing loans) dan kredit berisiko (loan at risk) yang lebih rendah dibandingkan industri secara keseluruhan.