Generasi Muda Faktor Kunci Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Genbest Talk Sumedang
Genbest Talk Sumedang “Pahami Gizi Penting, No More Stunting”

“Gizi yang baik itu adalah gizi seimbang, jadi kita tidak hanya bicara dalam hal kenyang saja atau kalorinya cukup saja, tapi harus seimbang. Seimbang itu artinya ada kebutuhan dari makronutrien dan mikronutrien,” jelas Putri saat menjadi narasumber di Genbest Talk Sumedang “Pahami Gizi Penting, No More Stunting”.

Oleh karena itu, menurutnya, penting untuk remaja memiliki nutrisi yang baik di dalam tubuhnya karena mereka memiliki peran dalam memutus mata rantai stunting di masa depan.

Baca Juga:  Wabup Sumedang Lakukan Penyelidikan Proyek Tol Cisumdawu yang Diduga Jadi Penyebab Banjir

Putri menjelaskan, jika sejak remaja tidak memiliki asupan gizi yang baik, maka nantinya saat mereka dewasa, lalu berkeluarga dan hamil, akan beresiko lebih besar memiliki janin yang stunting. Hal ini akan menjadi lingkaran setan, dimana akan terlahir anak yang stunting, dan saat mereka dewasa pun juga akan melahirkan anak yang terkena stunting juga.

Baca Juga:  Linda Nurani Hapsah: Penanganan Stunting di Kota Bandung sudah Masif

“Oleh karena itu, kita ingin putus circle-nya dengan cara kita memberikan edukasi, memberikan makanan yang tepat yang bergizi seimbang. Jadi seorang ibu terutama kan punya tanggung jawab besar, tidak cuma melahirkan saja tapi kualitasnya untuk masa depan juga bagus. Jadi sedari di dalam perut, kita harus memberikan nutrisi yang baik.” kata Putri.

Baca Juga:  Jawab Harapan Ratusan Wasit, PSSI Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Beri Perlindungan Jaminan Sosial

Sejalan dengan Putri, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin menjelaskan tentang pentingnya anak muda paham akan isu stunting. Menurutnya, masalah stunting ini merupakan proses yang cukup panjang, dimana mereka harus mencegahnya sejak dini.