Jelang Ramadhan, DPD RI Minta Pemerintah Jaga Pasokan dan Harga Pangan

Sidang Paripurna DPD ke 8 tahun 2022-2023
Sidang Paripurna DPD ke 8 tahun 2022-2023 di gedung Nusantara IV Komplek Parlemen. (foto: dok Humas DPD RI)

JABARNEWS │ JAKARTA – Jelang bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 2023, Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI meminta pemerintah menjaga pasokan dan harga pangan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin saat memimpin sidang paripurna ke-8 masa sidang III tahun 2022-2023.

Seperti diketahui, sidang paripurna kali ini mengagendakan pengucapan sumpah atau janji pengganti antar waktu (PAW), laporan pelaksanaan tugas alat kelengkapan, pengambilan keputusan DPD RI, dan pidato penutupan pada akhir masa sidang III tahun sidang 2022-2023.

Baca Juga:  Di Sidang Paripurna Hari Jadi Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika Sampaikan Ini

Menurut Mahyudin, pada umumnya saat mendekati bulan Ramadhan harga-harga bahan pokok akan melonjak naik secara signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentunya hal ini akan memberatkan beban masyarakat.

Baca Juga:  Semarakkan HUT Kota Tasikmalaya ke-21, Bank BJB Gelar Pagelaran Wayang Golek

“Kenaikan harga dan kelangkaan pasokan bahan pokok yang hampir rutin terjadi setiap menjelang bulan Ramadhan, perlu dipantau dan dikendalikan. Kejadian yang terus berulang menunjukan tata kelola pangan di Indonesia masih memiliki celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu,” ucap Mahyudin di Nusantara IV Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (17/2).

Baca Juga:  Polisi Siaga 24 Jam Antisipasi Tawuran dan Balap Liar Selama Ramadan

Pimpinan DPD RI, sambungnya, meminta kepada Komite II DPD RI untuk dapat berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, BULOG dan instansi terkait. Ia juga meminta seluruh Anggota DPD RI untuk berkomunikasi dengan pemerintah daerah dalam mengendalikan harga bahan pokok.