Ninja Xpress Mendukung Efisiensi Perputaran Arus Kas UMKM Melalui Penyediaan Aplikasi Ninja Biz dengan Fasilitas Kirim Dulu Bayar Kemudian

Aplikasi Ninja Biz dari Ninja Xpress dengan fasilitas kirim dulu bayar kemudian untuk mendukung efisiensi perputaran arus kas UMKM
Aplikasi Ninja Biz dari Ninja Xpress dengan fasilitas kirim dulu bayar kemudian untuk mendukung efisiensi perputaran arus kas UMKM (Dok. Ninja Xpress)

JABARNEWS | JAKARTA – Dengan meningkatnya kebutuhan UMKM terhadap platform pengiriman paket yang memberikan kemudahan akses dan menyediakan berbagai pilihan metode pengiriman, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia mendukung UMKM mengatur perputaran kas dengan penyediaan aplikasi Ninja Biz yang merupakan aplikasi 3PL pertama dan satu-satunya yang dapat mengirimkan paket dengan fitur kirim dulu bayar kemudian.

Berdasarkan laporan MSME Empowerment tahun 2022, sebanyak 83,8% pengusaha UMKM telah menerapkan digitalisasi atau memanfaatkan teknologi dalam mendukung kegiatan operasional bisnis mereka. Terjadinya transformasi digital oleh para pelaku bisnis di Indonesia juga terjadi pada para pelaku bisnis UMKM yang ditandai dengan mulai tingginya pemanfaatan platform digital untuk promosi sampai dengan penggunaan jasa pengiriman yang berbasis teknologi.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Menyerahkan Santunan Sebesar Rp. 381.928.308,- Kepada Ahli Waris Karyawan PT. Panfila Indosari

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, “Kami menyadari bahwa salah satu tantangan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM adalah pengelolaan Cash Flow, sehingga untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM/shipper, kami menyediakan fasilitas pengiriman yang memberikan kemudahan yang tidak hanya dengan layanan penjemputan paket dari rumah tetapi juga menawarkan layanan cash on delivery dalam penjualan barangnya. Melalui inovasi layanan Ninja Biz, mereka juga dapat menikmati pengiriman paket ke seluruh Indonesia yang lebih mudah karena kirim paket tinggal klik.”

Baca Juga:  Begini Cara Ninja Xpress dalam Menggali Potensi Pebisnis Perempuan

Dalam mendukung transformasi digital UMKM, Ninja Xpress juga menyediakan berbagai kemudahan yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Ninja Biz, termasuk pelacakan paket secara real-time yang memungkinkan shipper untuk mengetahui lokasi paket mereka dengan cepat dan memudahkan penggunaan metode pembayaran COD (Cash on Delivery) yang memungkinkan pengirim untuk menerima pembayaran langsung dari penerima saat paket sampai. Dengan berbagai fitur ini, Ninja Biz memberikan solusi yang lebih efisien dan nyaman bagi para shipper dalam mengelola keuangan dan juga pengiriman logistik mereka.

Sampai saat ini, sudah hampir 100.000 pengguna internet yang berhasil menginstall Ninja Biz dengan lebih dari 35% active shipper yang telah mengirim lebih dari 7.000 kg paket sepanjang september 2023 melalui aplikasi Ninja Biz. Saat ini pengiriman terbanyak datang dari beberapa daerah di pulau Jawa dengan tiga destinasi pengiriman terbanyak di Tangerang, Sumedang, Sukabumi, sedangkan lokasi pengiriman terbanyak adalah Sukabumi, Jakarta, dan Bandung. Adapun mayoritas paket yang dikirimkan menggunakan aplikasi Ninja Biz adalah kategori paket berukuran kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm) atau rata-rata 2 kg per parcel yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata dan lain-lain.

Baca Juga:  Ninja Xpress Dorong Percepatan Digitalisasi untuk Pulihkan Ekonomi UKM di Kota Bandung