Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Aceh, Ribuan Warga Mengungsi

Teks foto: Banjir rendam rumah warga di Bireuen.(istimewa).

JABARNEWS | ACEH – Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Provinsi Aceh terendam banjir, ketinggian air antara 60 sampai 1 meter.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, hujan lebat mengguyur beberapa kabupaten, seperti Aceh Timur, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen menyebabkan banjir terus meluas.

“Ada sejumlah wilayah di Aceh yang masih terendam banjir, ketinggian air antara 60-100 sentimeter,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Kata dia, banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi terjadi menyebabkan debit air Sungai Simpang Jernih meluap. Dua desa atau gampong, yaitu Desa Pante Kera dan Rantau Pajang, di Kecamatan Simpang Jernih terendam banjir.

“BPBD setempat melaporkan potensi adanya peningkatan tinggi muka air. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat dan kesiapsiagaan untuk evakuasi warga,” terang Abdul Muhari.