Ini Yang Bikin Ternak Kambing Etawa Tambah Menggiurkan

JABARNEWS | MAJALENGKA – Beternak kambing etawa rupanya tidak hanya menghasilkan keuntungan dari penjualan fisiknya semata, namun juga bisa menghasilkan dari sisi lainnya, yakni susu kambing etawa.

Bahkan, susu kambing jenis ini banyak peminatnya. Untuk satu botol aqua saja dihargai Rp. 200 ribu, namun bagi yang mengetahui manfaat kesehatannya, harga tersebut tidak menjadi persoalan.

Baca Juga:  BI Jabar Kunjungi Sekolah Wujud Kepedulian Terhadap Pendidikan

Salah seorang peternak kambing etawa di Kecamatan Palasah, Iwan, mengatakan, beternak kambing etawa memang tidak berbeda dengan memelihara jenis kambing biasa. Hanya saja, karena akan diambil susunya yang banyak mengandung kesehatan dan menyembuhkan sejumlah penyakit, maka mulai dari kandang dan kebersihan fisik harus diutamakan.

Baca Juga:  Mudik Lebaran, Jasa Marga Berikan Diskon 20 Persen Bagi Pengguna E-toll

“Memelihara kambing ini seperti memelihara sapi, karena akan diambil susunya juga. Bagus untuk kesehatan. Makanya ada dua keuntungan memelihat etawa ini,” ungkapnya, Selasa (9/10/2018).

Peternak kambing etawa lainnya, di wilayah Ligung, ‎Niji, mengatakan, pihaknya telah setahun ini memelihara kambing etawa. Ia merasakan, penjualan susu kambing etawa lebih menguntungkan.

Baca Juga:  Harga Rp2 Jutaan, Ini Spesifikasi HP OPPO A16 RAM 4 GB

“Susu kambing ini banyak dicari, tapi bagi orang yang betul-betul memahami kesehatan. Bagi yang tidak memahami tentang pentingnya kesehatan tubuh, harga dua ratus ribu itu terlalu mahal, al-hamdulillah selalu ada saja yang beli atau pesan, kemudian diambil,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat