Pilihan Software ERP Terbaik di Tanah Air, Yuk Simak Penjelasannya!

Ilustrasi Analisis Operasional Perusahaan Menggunakan Software ERP (Freepik.com)
Ilustrasi Analisis Operasional Perusahaan Menggunakan Software ERP (Freepik.com)

JABARNEWS | JAKARTA – Digitalisasi yang terjadi, tidak hanya berdampak pada pemasaran digital saja, namun juga terkait operasional perusahaan. Sekarang sudah banyak software atau aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan perkembangan perusahaan.

Termasuk juga dengan software ERP yang memang belakangan ini naik daun dan digandrungi dengan berbagai kelebihannya. Salah satu kelebihan utama dari aplikasi ERP ini adalah memaksimalkan keuntungan yang akan didulang oleh perusahaan atau organisasi.

Kelebihan lainnya, perusahaan yang menyewa vendor ERP akan memiliki perencanaan dan manajemen yang lebih optimal. Baik itu untuk informasi atau operasional perusahaan yang lebih luas. Nah, berikut rekomendasi software ERP terbaik yang ada saat ini.

HashMicro ERP Software

HashMicro merupakan vendor penyedia ERP yang berbasis di Singapura dan telah berdiri sejak tahun 2015. Sebagai penyedia ERP dengan teknologi terbaru, akan membuat bisnis yang dilakukan berkembang jauh lebih pesat. Di dalamnya terdapat lebih dari 60 modul yang terintegrasi untuk mempermudah bisnis.

Beberapa contoh modul yang ditawarkan antara lain purchase order, vendor bill, e-faktur, mobile app with GPS, tender, e-faktur, sales order management, leads management, dan masih banyak lagi yang lainnya. Fitur yang ditawarkan juga begitu lengkap, mulai dari Accounting, Inventory, Procurement, Supply Chain, sistem CRM, Warehouse, dan lain-lain.

Baca Juga:  Manfaatkan Era Digital Untuk Mudahkan Layanan Bagi Masyarakat

ERP system dari HashMicro ini juga bisa disesuaikan atau istilahnya customized. Mengingat hampir semua perusahaan memiliki cara kerja yang unik, sistemnya harus memilih yang fleksibel. Kelebihan lainnya, vendor ini dikelola oleh tim yang ahli dan memiliki dedikasi tinggi dalam bidangnya.

Tim pengelola ERP HashMicro juga terus mengembangkan berbagai produk dan fitur baru untuk memudahkan operasional bisnis perusahaan yang menyewanya. Aplikasinya sendiri juga bisa digunakan oleh sebanyak mungkin pengguna di dalam perusahaan secara gratis alias tidak ada biaya tambahan tersembunyi.

Deskera ERP

Aplikasi ERP terbaik lainnya adalah Deskera ERP yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas memudahkan. Sistemnya terintegrasi secara penuh, data-datanya uptodate, dan penerapannya juga sangat cepat. Jika operasional sudah bagus serta produktivitas karyawan juga meningkat, return of investment (ROI) juga meningkat.

Ada berbagai modul yang ditawarkan oleh Deskera ERP, mulai dari Multi-Currency, Automated Invoice Generation, Accounts Payable, Budgeting, sampai dengan Advanced Financial Reports. ERP dari Deskera ini sendiri sudah ada sejak tahun 2008 dan sudah mendapatkan berbagai penghargaan.

Beberapa contoh penghargaan yang disabet ERP dari Deskera, salah satunya adalah sudah tercatat sebagai TOP 10 ERP Solution Providers di tahun 2017 oleh APAC CIO. Program dari ERP ini sendiri bisa digunakan untuk perusahaan berskala kecil sampai dengan menengah.

Baca Juga:  BRI Purwakarta Salurkan 750 Paket Sembako Gratis

Oracle NetSuite ERP

Oracle Netsuite ERP juga masuk jajaran software terbaik dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Produk ERP-nya sendiri rilis di pasar Indonesia pada tahun 2017 dan sekarang telah digunakan banyak perusahaan atau organisasi besar di Tanah Air.

Berbagai kelebihan pun ditawarkan oleh ERP software dari Oracle NetSuite ini. Mulai dari penggunaanya yang mobile-friendly, fungsi bisnis bisa dipantau secara realtime, keamananya baik, sehingga merangsang pertumbuhan perusahaan lebih baik.

Implementasi ERP ke perusahaan juga sangat cepat, hanya 2 sampai dengan 6 bulan saja dengan software berbasis cloud. Fitur yang ditawarkan juga banyak, ada Finance & Accounting, Supply Chain & Inventory Management, Marketing & Sales, sampai dengan CRM.

Zoho Creator

Software selanjutnya yang memiliki kualitas bagus dan telah dipilih oleh berbagai perusahaan kelas dunia adalah Zoho Creator. Deretan keunggulan ditawarkan oleh vendor ERP ini. Misalnya saja tidak ada biaya tersembunyi, bisa dikustomisasi dengan gampang, fitur mutakhir dengan perawatan yang mudah, dan sudah mengusung cloud-based.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan JKm Kepada Pendamping Desa

Ini merupakan software ERP dengan berbagai teknologi mutakhir. Kualitasnya akan jauh jika dibandingkan dengan aplikasi ERP tradisional. Beberapa contoh perusahaan kelas dunia yang menyewa software ERP dari Zoho Creator ini antara lain Amazon, Comcast, Facebook, Netflix, Saint-Gobain, dan masih banyak lagi yang lainnya.

SAP Business One

SAP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang software berasal dari Jerman. Meski begitu, juga sudah sangat familiar di telinga para pengguna software di Tanah Air. SAP Business One merupakan salah satu versi SAP yang banyak digunakan di Indonesia. Secara umum, penggunanya lebih dari 80.000 perusahaan, baik kecil atau menengah.

Berbagai modul ditawarkan di SAP Business One, contohnya saja Production & MRP, Sales & Service, Accounting, dan lain-lain. Kelebihannya, bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu juga telah tersedia lisensi perpetual atau subscription. Target marketingnya sendiri adalah perusahaan kecil sampai menengah.

Demikianlah penjelasan tentang daftar software ERP terbaik yang banyak digunakan di Indonesia. Jika masih bingung untuk memilihnya, yuk konsultasikan kebutuhan operasional perusahaan dengan tim ahli dari Hashmicro ERP. Bisa dapatkan perencanaan harga sistem ERP dengan lebih baik sekaligus software terbaik untuk menunjangnya. ***