PWI Kota Bandung dan KPU Jajaki Kerjasama Terkait Pemilu 2024

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan bahwa KPU Pusat secara resmi telah mengumumkan Tahapan Pemilu 2024, dan pelaksanaannya akan dimulai pada 14 Juni 2022.

“Sedang di tahun 2022 ini ada 4 agenda besar terkait Tahapan Pemilu 2024 diantaranya, Pertama yakni Pendaftaran Partai Politik yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022; Kedua, Penetapan Peserta Pemilu dijadwalkan dilaksanakan pada 14 Desember 2022; Ketiga, Pemutakhiran Data Pemilih; sedang Keempat, Proses Penataan Daerah Pemilihan,” paparnya saat menerima kunjungan audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung di Kantor KPU Kota Bandung, Rabu (15/2022).

Bahkan, KPU Kota Bandung sendiri menggelar peluncuran tahapan Pemilu 2024 serta deklarasi ‘Siap Sukseskan Pemilu 2024 Kota Bandung Tanpa Ekses’ yang dilakukan di Kantor KPU Kota Bandung, Selasa 14 Juni 2022.

Baca Juga:  Pengembangan Ekonomi Umat, Pemprov Jabar Gandeng BNI Syariah

“Keempat agenda tersebut, menjadi konsen kami karena merupakan agenda terdekat yang harus terlaksana di tahun ini. Namun demikian agar dapat diketahui dan tersebar luas kepada masyarakat khususnya Kota Bandung tentunya dibutuhkan kolaborasi serta kerjasama dengan semua pihak termasuk PWI agar agenda-agenda KPU dapat kemudian tersampaikan melalui publikasi dan pemberitaan,” ujarnya.

Dengan keterbatasan SDM, diakui Suharti, menjadikan KPU harus bergandengan tangan serta bekerjasama dengan semua pihak. Karena sesuai amanat pasal 167 angka (6) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Masyarakat sangat perlu diberikan edukasi tentang tahapan Pemilu, namun, kami sangat menyadari bahwa tidak mungkin setiap hari harus turun ke tengah masyarakat, karena keterbatasan SDM yang ada di KPU. Untuk itu, kami butuh dukungan semua pihak termasuk organisasi wartawan seperti PWI dalam mensosialisasikan dan mempublikasikannya kepada masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  Tak Perlu Waktu Lama, Polisi Tangkap Neneng Pembunuh Dini di Bekasi

Hadir pada kesempatan itu, anggota Komisioner KPU Adi Prasetyo, Cepi Adi Setiadi, Seketaris KPU Kota Bandung, Titon Prayoga dan para Kasubbag diantara, Lisma Nadia Ismatina, Pudji Apsari, Aris Krismanto, juga Inike Kusumadewi. Sementara dari PWI Kota Bandung, mewakili Ketua Hardiyansyah, Wakil Ketua Ferry Ardiyansyah, Sekretaris Zaenal Ihsan, Bendahara Syamsudin, Kasie Advokasi Asep Budianto, serta Kasie Kerjasama Antar Lembaga A Husein Widjaya.

Sedang dikatakan Ferry Ardiyansyah, PWI Kota Bandung sebagai organisasi profesi wartawan memiliki tanggung jawab moral dan berkepentingan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024.

Baca Juga:  PT MSJ: Biaya Tol BORR Ditaksir Capai Rp2,4 Triliun

Pemilu 2024 merupakan Pemilu serentak pertama di Indonesia dimana digelarnya Pemilu Presiden, Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI, DPD , DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota. Bahkan dalam rentang delapan bulan, masih di tahun yang sama akan dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung pada bulan November 2024.

“Kita tentunya berharap agar semua tahapan Pemilu dapat berjalan lancar dan sukses, dan angka partisipasi pemilu meningkat dari pemilu sebelumnya, tentunya KPU memerlukan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Maka itu PWI Kota Bandung tentu saja siap mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu Serentak 2024,” terangnya.**