Wajib Disimak! Inilah Tips dan Trik Agar Produk UMKM Tembus Pasar Ekspor

Ilustrasi Kegiatan Ekspor Produk UMKM (Foto: Freepik)
Ilustrasi Kegiatan Ekspor Produk UMKM (Foto: Freepik)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Salah satu impian bagi para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) adalah berhasil memasuki pasar ekspor, tak terkecuali para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Namun tidak semua dari pelaku UMKM di Purwakarta ini mengetahui strategi dan metode yang dapat membantu produk usahanya menembus pasar ekspor.

Terdapat beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan oleh para pelaku UMKM di Purwakarta agar produk UMKM menembus pasar ekspor serta mampu meraih kesuksesan dalam menjalankan usahanya.

Dilansir dari klikumkm, berikut adalah tips dan trik agar produk-produk UMKM di Purwakarta bisa menembus pasar ekspor:

Baca Juga:  BIK 2023, OJK Gelar Literasi Peningkatan Akses Keuangan

1. Kenali pasar ekspor yang dituju

Sebelum kamu memulai proses ekspor, penting bagi pelaku UMKM di Purwakarta untuk menggali informasi tentang pasar ekspor yang akan dituju. Kenali ciri khas pasar tersebut, tren produknya, serta kebijakan perdagangan yang berlaku di negara tujuan ekspor.

2. Kembangkan produk berkualitas

Untuk sukses dalam menembus pasar ekspor, kualitas produk yang tinggi menjadi faktor utama. Pastikan produk usahanya memiliki standar kualitas yang baik dan memenuhi persyaratan internasional yang berlaku.

3. Rancang kemasan yang menarik

Peranan kemasan produk sangat signifikan dalam memikat minat pasar ekspor. Kemasan yang menarik dan sesuai dengan preferensi pasar ekspor akan meningkatkan daya tarik produk di pasar internasional.

Baca Juga:  Sky Way Dinilai Lebih Efisien Dibanding LRT

4. Tentukan harga yang kompetitif

Sesuaikan harga produk dengan kompetitif agar dapat bersaing di pasar ekspor. Pastikan harga yang dipatok tetap menguntungkan bagi kelangsungan usaha.

5. Ciptakan branding yang kuat

Memiliki identitas merek yang kuat akan meningkatkan kepopuleran produk di pasar ekspor. Manfaatkanlah platform media sosial dan situs web atau portal berita terpercaya sebagai sarana untuk mempromosikan produk usaha.

6. Jalin kemitraan dengan agen atau distributor lokal

Agar distribusi produk di pasar ekspor menjadi lebih lancar, pertimbangkan untuk bermitra dengan agen atau distributor lokal di negara tujuan. Pastikan agen atau distributor yang dipilih memiliki pengalaman yang memadai dan memiliki jaringan yang luas di pasar ekspor.

Baca Juga:  BI Jabar Raih Penghargaan Dari ICSB

7. Penuhi persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku

Sebelum memulai proses ekspor, pastikan untuk mematuhi persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor. Hal ini mencakup perizinan, sertifikasi produk, serta pemenuhan kewajiban pajak dan bea cukai.

Itulah beberapa tips dan trik untuk berhasil menembus pasar ekspor dengan produk UMKM. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, para pelaku UMKM di Purwakarta bisa memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan usahanya. (red)