8.000 Ribu Calon Jemaah Haji Bakal Diberangkatkan Melalui Bandara Kertajati

Bandara Kertajati
Kondisi Bandara Kertajati Jawa Barat sepi terus. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Sekitar 8.000 calon jemaah haji yang tergabung dalam 20 kelompok terbang (kloter) akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, pada Juni 2023 mendatang.

Ribuan calon Jemaah haji tersebut berasal dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, dan Kuningan.

Baca Juga:  DPRD: Kinerja Pengawasan Disdagin Kota Bandung Kurang Maksimal

Dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (21/3/2023), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati siap untuk melayani proses pemberangkatan calon Jemaah haji asal tujuh daerah di Jawa Barat tersebut.

Baca Juga:  VIDEO: Adu Harga Emas Jamaah Haji Mira Hayati vs Suarnati

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7.000 sampai dengan 8.000 jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Budi usai meninjau langsung di Bandara Kertajati pada Minggu (19/3).

Baca Juga:  Waduh! 3 Daerah di Jabar Ini Paling Rawan Pelanggaran Pada Pilkada 2020

Sementara untuk mendukung mobilitas masyarakat menuju Bandara Kertajati, kata Budi, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah siap dioperasikan pada pertengahan April 2023.