8.000 Ribu Calon Jemaah Haji Bakal Diberangkatkan Melalui Bandara Kertajati

Bandara Kertajati
Kondisi Bandara Kertajati Jawa Barat sepi terus. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Sekitar 8.000 calon jemaah haji yang tergabung dalam 20 kelompok terbang (kloter) akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, pada Juni 2023 mendatang.

Ribuan calon Jemaah haji tersebut berasal dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, dan Kuningan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari ini 21 Maret 2022

Dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (21/3/2023), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati siap untuk melayani proses pemberangkatan calon Jemaah haji asal tujuh daerah di Jawa Barat tersebut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Targetkan Pencapaian Zakat Sebesar Rp 1,6 triliun

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7.000 sampai dengan 8.000 jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Budi usai meninjau langsung di Bandara Kertajati pada Minggu (19/3).

Baca Juga:  Inilah 5 Fakta Unik Wanita Indonesia Saat Berbelanja

Sementara untuk mendukung mobilitas masyarakat menuju Bandara Kertajati, kata Budi, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah siap dioperasikan pada pertengahan April 2023.