Abdy Yuhana Tawarkan Rute Indonesia Raya untuk Capai Tujuan Bernegara

Abdy Yuhana
Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Abdy Yuhana saat acara Visi Kebangsaan: Rute Indonesia Raya di Kampus Universitas Parahyangan Bandung, Senin (20/3/2023). (Foto: Rian/JabarNews).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menerangkan, visi kebangsaan bagi Indonesia merupakan kebutuhan yang sangat penting dan harus selalu hidup mengisi ruang keindonesiaan. Visi kebangsaan adalah kompas atau penunjuk arah untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga:  Doni Monardo Himbau Masyarakat Sumatera Utara Patuhi Protokol Kesehatan

“Mengapa visi kebangsaan penting dalam konteks penyelenggaraan negara karena setiap jaman menghadapi tantangan yang berbeda sehingga negara dan bangsa ini membutuhkan harapan, membutuhkan sebuah ‘mimpi indah’ tentang Indonesia Raya,” tutur anggota DPRD Jawa Barat ini.

Baca Juga:  Nota pembelaan Herry Wirawan, Terdakwa Asusila 13 Siswa Minta Majelis Hakim Peringan Hukuman

Visi kebangsaan juga merupakan sebuah gambaran mental yang dapat memberi inspirasi, membangkitkan antusiasme, memacu semangat, memperkuat komitmen, dan menggerakkan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Mimpi bersama tentang Indonesia Raya yang dicita-citakan yaitu janji kemerdekaan sebagaimana dituangkan dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Apalagi pada 2045, Indonesia tepat berusia 100 tahun.

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Membersihkan Kacamata Minus Dengan Benar Agar Tidak Tergores

Posisi strategis secara geopolitik dan potensi yang dimiliki Indonesia, dalam konteks persaingan global akan terus menjadi negara yang menjadi pilihan.