Anggaran Pengendali Banjir Bandung Selatan Habiskan Ratusan Miliar, Presiden Jokowi: Duitnya Gede Banget!

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat meresmikan Kolam Retensi Andir di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (5/3/2023). (Foto: Istimewa).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi sekaligus juga meresmikan fly over Kopo yang dibangun pada lintasan Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Fly over atau jalan layang itu untuk mengurangi kemacetan parah yang rutin terjadi antara persimpangan Soekarno Hatta-Cibaduyut dan persimpangan Soekarno Hatta – Kopo. Pembangunan fly over Kopo ini menelan anggaran sebesar Rp288 miliar.

Baca Juga:  Obrolan Bisnis Sampai Makanan Ada Di Komunitas Ini

“Totalnya yang telah dibangun pemerintah pusat di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung sebesar 1,26 triliun rupiah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi pun melontarkan pertanyaan kepada para siswa SD mengenai fungsi dari kolam retensi. Dua siswa yang berhasil menjawab pertanyaan Jokowi pun berhasil mendapatkan hadiah sepeda.

Baca Juga:  Hewan Kurban di Kota Sukabumi Diperketat, Jika Ingin Masuk harus Lakukan Ini

Sebagai informasi, luas lahan Kolam Retensi Cieunteung seluas 4,7 hektare dengan daya tampung air 190.000 meter kubik, lengkap dengan empat buah pompa berkapasitas 12 meter kubik per detik.

Baca Juga:  Indonesia Resmi Jadi Anggota Tetap FATF, Presiden Jokowi Beberkan Hal Ini