Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadhan, Herman Suherman Siapkan 12 Ton Beras

Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Mul/JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bahwa untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Ramadhan, pihaknya menyediakan sekitar 12 ton beras, ribuan liter minyak goreng, ratusan kilogram daging dan kebutuhan pangan lainnya.

Hal tersebut, lanjut Herman, sebagai upaya memenuhi kebutuhan warga serta mengantisipasi kenaikan harga, yang dilakukan dengan operasi pasar pangan murah di pasar tradisional.

Baca Juga:  Gandeng TNI-Polri, PPSI Lakukan Trauma Healing kepada Korban Gempa Cianjur

“Operasi pasar pangan murah akan digelar di pasar yang ada di Cianjur mulai dari wilayah utara sampai selatan seperti Pasar Cipanas, Pasar Induk Cianjur, Pasar Sukanagara dan pasar lainnya, sebagai upaya memenuhi kebutuhan warga menjelang masuknya bulan puasa,” kata Herman di Cianjur, Minggu (3/3/2024).

Baca Juga:  Wanggai: Saya Hanya Bersikap Profesional

Dia menjelaskan, pihaknya menjamin stok kebutuhan pangan warga tercukupi hingga enak bulan ke depan terutama beras yang stoknya akan terus bertambah seiring panen raya petani serentak di sejumlah wilayah di pertengahan tahun.

Baca Juga:  Puluhan Besi Bekisting Proyek Kereta Cepat Jatuh di Bandung Barat, KCIC Beri Penjelasan

Sehingga pihaknya menargetkan panen raya di pertengahan tahun, dapat menambah stok kebutuhan beras di Jawa Barat yang dipasok dari Cianjur. Tercatat panen petani per tahun di Cianjur mencapai 500 ribu ton, sedangkan kebutuhan lokal selama satu tahun hanya 250 ribu ton.