Azerbaijan Siap Tanamkan Investasi Di Indonesia Untuk Berbagai Bidang Kerjasama

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak sekali negara-negara yang ingin melakukan kerjasama dengan Negara Indonesia, baik itu dalam bidang ekonomi, perdagangan, seni dan budaya hingga bidang pariwisata. Begitu pula Azerbaijan, sebagai sesama negara Muslim, dan kaya akan minyak.

Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev mengatakan, pihaknya telah merancang beberapa program yang bermula saat dirinya melakukan kunjungan-kunjungan ke beberapa pihak, baik itu pemerintahan daerah di Indonesia hingga perusahaan swasta.

“Salah satunya kami ingin ada kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat soal promosi budaya dan pariwisata antar kedua negara, Indonesia dan Azerbaijan,” kata Dubes Jalal saat melakukan kunjungan ke kantor Redaksi JabarNews.com, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga:  Unik, Begini Cara Wartawan dan DPRD Bogor Kampanyekan Protokol Kesehatan

Jalal Mirzayev pun telah bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk membahas program kerjasama budaya dan pariwisata.

Dalam diskusi bersama Pemimpin Redaksi JabarNews.com itu, Dubes Jalal Mirzayev mengatakan, banyak program kerjasama yang ingin dilakukan oleh pihak Azerbaijan dengan Indonesia mulai tahun 2021 setelah pandemi covid-19 ini selesai.

“Kami juga ingin melakukan investasi di Indonesia, seandainya di Indonesia sudah siap untuk melakukan perjanjian secara tertulis sebagai jaminan terkait keamanan investasi,” katanya yang juga keturunan langsung Nabi Muhammad SAW ini.

Baca Juga:  Puluhan Pelaku UKM di Tasik Kenalkan Prodak Kreatif

Dengan adanya jaminan keamanan investasi, ia siap dan mudah membawa investor dari Azerbaijan ke Indonesia untuk berbagai kerjasama.

Bukan hanya itu, Jalal mengatakan, ada juga beberapa program kemitraan melalui Sister City. Dan sangat memungkinkan misalnya untuk membangun kemitraan Sister City tersebut dengan Kabupaten Purwakarta.

“Kami nanti akan bicarakan dengan Pemerintah di sana untuk membahas hal ini (Sister City) dengan Purwakarta,” tuturnya.

Program Sister City antara Azerbaijan dan Indonesia sudah ada yang telah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Azerbaijan, salah satunya kemitraan Sister City antara kota Sumqayit dan Kota Surabaya. Oleh karena itu, gagasan untuk Sister City dengan Purwakarta akan direspons dengan baik.

Baca Juga:  Walikota Tasikmalaya Tantang ICA Ciptakan Rekor Muri

“Hanya saja kota mana nanti yang akan bekerjasama dengan Purwakarta, pemerintah Azerbaijan akan membahas itu dan ingin bertemu dengan Bupati Purwakarta terlebih dahulu,” jelasnya.

Azerbaijan percaya bahwa program kemitraan melalui Sister City ini mampu meningkatkan hubungan yang lebih erat dan emosional antara Azerbaijan dengan Indonesia sebagaimana hubungan yang telah berjalan selama ini. (Red)