Bagaimana Nasib Program Satu Miliar Satu Desa Pasca Ade Yasin Ditangkap KPK? Begini Jawaban Iwan Setiawan

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Foto: Istimewa).

Iwan menyebut, saat ini dari 416 desa di Kabupaten Bogor, terdapat 93 desa mandiri, 229 desa maju, 94 desa berkembang. Iwan berharap, dengan suntikan program Samisade, dapat menciptakan desa maju lebih banyak lagi.

“Kita sudah nihil desa tertinggal. Nah yang berstatus desa berkembang ini, jangan sampai turun menjadi desa tertinggal. Kabupaten Bogor kan sebagian besar wilayah pedesaan, jadi kemajuan pembangunan akan dilihat dari sejauh mana desa-desa itu berkembang, maju dan menjadi desa mandiri,” tegas politisi Gerindra itu.

Baca Juga:  Selama Tahun 2023, KPAD Bogor Sudah Tangani 154 Kasus Kekerasan Anak

Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2022, anggaran Samisade yang disiapkan mencapai Rp395 miliar untuk 415 desa.

Baca Juga:  Disnakan Kabupaten Bogor Siapkan Tujuh Posko untuk Pantau Perkembangan Kasus PMK Hewan Ternak

Iwan pun mendorong desa-desa yang belum menyelesaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ) penggunaan Samisade tahun 2021, agar segera menyelesaikannya.

“Kalau belum selesai, Samisade 2022 tidak akan diberikan dulu. Karena harus baik dalam pekerjaan di lapangan maupun pelaporan agar tidak terjadi kesalahan administrasi,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Unik, TPS di Pilkada Kabupaten Bandung Ini Pilih Tema SMA