Belum Lakukan Pendataan, Disnaker Ciamis Sudah Klaim Angka Pengangguran Turun

Ilustrasi pengangguran. (Foto: Tagar.id).

JABARNEWS | CIAMIS – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis mencatat, selama kurun waktu satu tahun, angka pengangguran di daerah itu mengalami penurunan.

Hal tersebut diketahui berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dalam laporannya, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2020 itu sebanyak 38.425. Sedangkan pada tahun 2021, TPT di Ciamis mencapai 33.961.

Baca Juga:  Desa Sukasari Sumedang, Kawasan Penghasil Tembakau di Jawa Barat

“Artinya ada penurunan pada tahun 2021 sekitar 0,5 persen atau sebanyak 4.464 orang. Data tersebut diambil dasarnya hasil dari BPS,” kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Ciamis Nonok Nurlina dikutip JabarNews.com dari HR Online, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga:  Soal Persiapan Pelaksanaan PTM 100 Persen, Ini Penjelasan Disdik Jabar

Dia menjelaskan, upaya yang Disnaker Ciamis lakukan yang bisa membuat angka pengangguran turun yaitu dengan mengadakan berbagai pelatihan kepada para pencari kerja.

Baca Juga:  Awas! Maling Tabung Gas Berkeliaran, Para Pedagang di Ciamis Harus Waspada

Selain itu juga, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan. “Untuk penempatan para pencari kerja ini, kita juga coba kerja sama dengan berbagai perusahaan di luar Ciamis, dari mulai perusahaan garmen dan lainnya,” jelasnya.