Bersama Ashefa Griya Pusaka Atasi Kecanduan Narkoba

Ilustrasi Bahaya Kecanduan Narkoba (Freepik)

Di tahap ini, menyampaikan kepedulian kita terhadap orang yang kecanduan narkoba juga penting. Ada saatnya Kamu harus memberi tahu dia bahwa Anda peduli akan kesehatan dan kebahagiannya. Dengan begitu, dia akan merasa dirinya berharga.

2.Memahami Ketergantungan Narkoba
Bagi orang awam, tentu sulit untuk mengetahui tanda dan gejala bahwa seseorang kecanduan narkoba. Salah satu yang bisa diperhatikan adalah perubahan kepribadian yang signifikan dapat menunjukkan bahwa orang tersebut menyalahgunakan narkoba.

Tanda yang dimiliki orang yang menyalahgunakan narkoba antara lain hilang kesadaran, terlihat ceroboh, suka meracau dan matanya terlihat murung. Kamu dapat mengidentifikasi narkoba yang dipakai atau yang digemari pecandu. Menggunakan berbagai macam narkoba adalah hal lazim yang dilakukan pecandu. Apalagi pecandu mengalami overdosis atau keadaan medis darurat, Kamu mungkin harus memberi tahu tenaga medis jenis narkoba yang digunakan pecandu agar dia mendapat pengobatan yang tepat.

3.Mengambil Tindakan
Sebelum mengambil tindakan, Kamu harus memastikan bahwa pecandu menginginkan bantuan. Karena tidak jarang, seorang pecandu menolak pertolongan yang mungkin dibutuhkan. Karena itu, perlu melakukan diskusi antara pemberi dan penerima bantuan, sekaligus membuat batasan yang sehat, sejauh mana bantuan yang dapat diberikan tanpa menimbulkan efek enabling.

Efek enabling adalah usaha yang dilakukan untuk membantu seseorang, tapi secara tidak langsung mendukung dan menguatkan kebiasaan buruknya. Contoh efek enabling adalah memberikan uang agar pecandu bisa membeli narkoba atau berbohong untuk melindunginya.