BMKG Imbau Warga di Kota Bandung Waspada Bencana Hidrometeorologi

Hujan
Ilustrasi hujan. (Foto: Publik.co).

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung beberapa hari ke depan diguyur hujan hingga angin kencang tidak seperti biasanya. Hal ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrim dengan intensitas hujan cukup tinggi.

“Untuk saat ini di wilayah Bandung Raya, khususnya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi masih dalam periode musim penghujan di Maret ini. Bahkan secara klimatologinya, Kota Bandung masih dalam periode puncak musim hujan,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Teguh Rahayu dalam keterangan yang diterima, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga:  Soal Bom di Polsek Astanaanyar: DPRD Jabar: Kami Kutuk Keras Aksi Terorisme

Menurutnya, beberapa hari ini terasa angin kencang ditambah hujan yang sering terjadi mulai pagi hari.

“Beberapa hari ini, angin terasa kencang juga hujan lebih sering terjadi mulai pagi hari. Apakah ini penyebabnya? Terpatau saat ini pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Selatan Jawa. Kemudian juga ada sirkulasi siklonik di utara Australia dan konfergensi memanjang melewati Jawa Barat,” bebernya.

Baca Juga:  Gempa Susulan Terjadi di Sukabumi, Warga: Tidak Sekuat Gempa Pertama

“Sebetulnya hal ini sebabnya peningkatan awan hujan lebih intens di wilayah Jawa Barat termasuk Bandung Raya,” tambahnya.