BPBD Sukabumi; Puluhan Rumah Rusak, Warga Terpaksa Diungsikan

Sejumlah rumah milik warga di Sukabumi rusak diterjang angin puting beliung (1)
Sejumlah rumah milik warga di Sukabumi rusak diterjang angin puting beliung. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat kerusakan puluhan rumah akibat angin puting beliung yang melanda dua kampung di wilayahnya.

Juru Bicara BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria mengungkapkan bahwa dua kampung yang terkena dampak bencana angin puting beliung ini adalah Kampung Gastan dan Cidahutonggoh, yang terletak di Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu.

Baca Juga:  BMKG Imbau Warga di Kota Bandung Waspada Bencana Hidrometeorologi

Berdasarkan data yang diperoleh dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cidahu, di Kampung Gastan, terdapat 13 rumah yang mengalami kerusakan. Rumah-rumah ini dihuni oleh 13 kepala keluarga (KK) atau sekitar 70 jiwa.

Baca Juga:  El Nino di Indonesia Bakal Terjadi pada Bulan Juni, Baca Prediksi BMKG Disini

Sementara di Kampung Cidahutonggoh, terdapat 15 rumah yang rusak, dihuni oleh 15 KK atau sekitar 70 jiwa. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa akibat bencana yang terjadi pada Kamis (2/11) tersebut, sejumlah warga terpaksa mengungsi karena bagian atap rumah mereka mengalami kerusakan yang signifikan.

Baca Juga:  Polresta Bandung Mengembalikan Puluhan Unit Kendaraan Bermotor Roda Dua Kepada Korban Pencurian

Bencana ini dipicu oleh cuaca ekstrem, termasuk hujan deras, angin kencang, dan petir, yang melanda Kecamatan Cidahu dan sekitarnya.