Buat Pantau Wilayah, Pemkot Cimahi Pasang Ratusan CCTV

JABARNEWS | CIMAHI – Pemkot Cimahi telah memasang sebanyak 117 kamera pengawas atau Closed-Circuit Television (CCTV). Kamera pengintai tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan, area publik, dan instansi pemerintahan di Kota Cimahi.

CCTV tersebut berada dalam pengelolaan Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskomunforarpus) maupun Dinas Perhubungan Kota Cimahi. Kedua instansi di Pemkot Cimahi itu bekerja sama untuk melakukan pantauan.

“Iya ada 117 CCTV yang tersebar di kelurahan, kecamatan, puskesmas. Kemudian di beberapa jalan strategis, misalnya Alun-alun Cimahi, Jalan Cihanjuang,” kata Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi Mochammad Ronny, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga:  Potensi Jabar Selatan: Jagung Sindangbarang Cianjur Mampu Dijual hingga Jateng dan Jatim

Dalam pengawasan dan pemantauannya, kata Ronny, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Sebab, selain terpantau dalam ruang Smart City, kamera pengawasann tersebut juga bisa dipantau oleh Dinas Perhubungan.

“Kami standby memantau, kan lewat smartphone juga bisa dicek. Ada juga petugas di Smart City,” kata Ronny.

Baca Juga:  Polisi Sita Puluhan Ribu Butir Obat Keras Ilegal di Sukabumi

Dia menegaskan, keberadaan CCTV itu sangat membantu Pemkot Cimahi dalam melakukan pengawasan dan pemantauan. Contohnya, ketika terjadi kemacetan di jalan maka dapat langsung diketahui untuk kemudian dilakukan penanganan.

“Yang paling penting itu ketika terjadi suatu permasalahan. Paling tidak, rekaman CCTV bisa membantu sebagai barang bukti,” tegasnya.

Menurut Ronny, jumlah CCTV yang sudah terpasang saat ini belum ideal, khususnya yang terpasang pada aera publik. Ia mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Dinas Perhubungan.

Baca Juga:  Geger Penemuan Mayat Laki-Laki Tanpa Identitas di Cianjur, Ada Obat dan Vodka

“Idealnya ditambah. Sudah ada (pembahasan), tapi tergantung dengan support anggaran. Yang jelas, semua CCTV yang sudah terpasang masih aktif,” sebutnya.

Ronny menambahkan, idealnya CCTV yang ada di Cimahi pun memiliki tekonologi yang lebih modern, seperti penambahan teknologi zoom.

“Apalagi dilengkapi alat modern, bisa melihat di zoom. Nah, itu belum sampai, teknologinya perlu dikembangkan,” tandasnya. (Yoy)