Buka Kongres Bahasa Daerah di Karawang, Ridwan Kamil: Budaya Itu Identitas!

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Kongres Bahasa Daerah Budaya Melayu Betawi di Swiss Bellin Hotel Karawang, Rabu (16/11/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | KARAWANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Kongres Bahasa Daerah Budaya Melayu Betawi bisa memberikan kesimpulan tata cara mengimplementasikan penggunaan Bahasa Daerah Budaya Melayu Betawi yang sesuai.

“Mudah-mudahan kongres hari ini juga tidak hanya membahas substansinya, saya berharap ada kesimpulan caranya seperti apa mengimplementasikannya,” kata Ridwan Kamil di Swiss Bellin Hotel Karawang, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga:  Soal Polemik SDN Pondok Cina 01, Wali Kota Depok dan Gubernur Jabar Dianggap Lalai

Adapun kongres tersebut menjadi langkah strategis Pemda Provinsi Jabar dalam melaksanakan Perda Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah.

Baca Juga:  Keren, Seorang Musisi Kelahiran Ciamis Akan Tampil di JBIF

Dengan begitu, kongres tersebut diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mengambil bagian dalam upaya penyelamatan bahasa daerah.

Ridwan Kamil pun mendukung penuh pelestarian budaya. Maka itu, dia mengingatkan agar mulai mempersiapkan cara baru dalam mempertahankan budaya di tengah disrupsi yang hadir saat ini.

Baca Juga:  Kaget Rumahnya Didatangi Ridwan Kamil saat Sahur, Mak Endah Curhat Ingin TV Digital