Bupati Majalengka: Setiap Kecamatan Harus Bentuk Komisi Penanggulangan AIDS

JABARNEWS | MAJALENGKA – Berdasarkan data yang disebutkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka, jumlah penderita HIV AIDS di Kota Angin cenderung meningkat setiap tahunnya.

Oleh karenanya, Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi meminta agar setiap kecamatan segera membentuk komisi penanggulangan HIV AIDS, dengan tujuan menindaklanjuti penyebaran, sekaligus pencegahan penyakit tersebut.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Jumat 3 Februari 2023

“Tahun 2017 lalu, jumlah penderita ODHA (Orang Dengan HIV /AIDS) 34 orang. Tahun 2018, tercatat ada 58 orang‎, mengalami kenaikan cukup signifikan. Oleh karenanya, salah satu langkahnya yakni, di setiap kecamatan harus segera dibentuk komisi penanggulangan HIV AIDS,” ungkapnya, di Graha Sindangkasih Majalengka, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga:  Gerebek Vaksin di Bogor, Penumpang Ikut Vaksinasi Lalu Dapat Beras dan Uang

Karna menambahkan, ‎pembentukan Komisi Penanggulangan HIV AIDS ini, tentu saja sebagai solusi untuk menindaklanjuti sekaligus mencegah penyebaran virus HIV AIDS di Majalengka.

“Bilamana sudah terbentuk komisi penanggulangan, kecamatan harus/wajib memfasilitasi pencegahan maupun pengobatan terhadap pengidap odha tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Eceng Gondok Tutupi Sebagian Besar Permukaan Waduk Jatiluhur, Warga : Hambat Perekonomian

Sementara itu Kepala Dinkes Majalengka, Alimudin, mengatakan, pihaknya akan segera berkordinasi dengan kecamatan-kecamatan untuk membentuk komisi pemberantasan HIV AIDS. “Saat ini, dari jumlah penderita odha, 30 orang masih aktif melakukan pengobatan secara rutin,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat