Cegah Banjir, Kodim Purwakarta dan Warga Bersihkan Sungai dan Selokan

Kodim Purwakarta
Kegiatan bersih-bersih Sungai yang dilakukan jajaran Kodim 0619/Purwakarta. (Foto: Dok Kodim 0619/Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk mengantisipasi banjir dan longsor musim hujan ini, TNI AD dari Kodim 0619/Purwakarta ikut turun tangan membantu pemerintah daerah.

Salah satu langkah dilakukan Kodim 0619/Purwakarta adalah dengan melakukan pembersihan sungai, parit dan selokan yang dilakukan seluruh Koramil di Wilayah Kodim 0619/Purwakarta.

Baca Juga:  Serahkan Bantuan ke Pesantren, Pjs Bupati Sergai Ingatkan Santri 3M

Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, Operasi bersih-bersih sungai yang dilakukan jajaran Kodim 0619/Pureakarta ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir dan longsor pada musim penghujan.

Baca Juga:  Ada Mata Air Jernih Banget Di Jalancagak

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya preventif dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor, seiring dengan datang dan tingginya intensitas musim hujan pada periode bulan Desember 2023 sampai dengan Februari 2024,” kata pria yang akrab disapa Andi itu, pada Senin, 4 Desember 2023.

Baca Juga:  Operasi Jaran Lodaya 2023, Polres Purwakarta Bakal Sikat Pelaku Curanmor dan Premanisme

Dandim menyebut Banjir terjadi karena banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai. Untuk itulah, anggota TNI dan aparat gabungan sampai masuk ke gorong-gorong jembatan untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk.