Cegah Banjir, Kodim Purwakarta dan Warga Bersihkan Sungai dan Selokan

Kodim Purwakarta
Kegiatan bersih-bersih Sungai yang dilakukan jajaran Kodim 0619/Purwakarta. (Foto: Dok Kodim 0619/Purwakarta).

“Operasi bersih-bersih ini selain dilakukan untuk mengantisipasi agar selokan, parit, dan sungai tidak dipenuhi sampah yang menyebabkan banjir, juga merupakan wujud dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir dan longsor pada musim penghujan,” Ungkap Andi.

Ia menjelaskan kebanyakan sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke sungai oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Baca Juga:  Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2022, Kapolres Purwakarta Cek Seluruh Kendaraan Dinas

“Saat ini kepedulian warga terhadap bahaya sampah dinilai masih minim. Ini terbukti saat kami memungut sampah di sepanjang sungai maupun parit, masih banyak jenis sampah plastik yang diduga dibuang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Andi.

Baca Juga:  Dewan: Perwal LKK Jadi Wadah Kepentingan Warga Bandung

Untuk itu, Dandim mengimbau agar masyarakat lebih sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab bencana banjir akan mengancam warga jika sungai menjadi tempat pembuangan sampah.

“Peduli dengan lingkungan berati kita sudah peduli dengan keturunan kita di masa depan, apa yang sudah kita perbuat akan menjadi catatan amal dan kebaikan yang akan dibalas kebaikan pula kemudian hari oleh Tuhan. Sayangi diri kita, sayangi lingkungan kita,” kata Letkol Arm Andi Achmad Afandi. (Gin)

Baca Juga:  Bey Machmudin Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Cianjur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News