Cegah Penyebaran PMK Jelang Idul Adha, Kabupaten Garut Siapkan Lima Titik Cek Poin

Ilustrasi Pencegahan Penyakit PMK. (Fotot: Dok Kementan)

JABARNEWS | GARUT – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut menyiapkan sebanyak lima titik cek poin pengecekan lalu-lintas komoditas hewan ternak, terutama sapi dan domba.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut Sofyan Yani mengatakan bahwa hal tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Idul Adha 2022.

“Satu cek poin di wilayah Cilawu, terus Limbangan dan Malangbong, kemudian Leles dan Kadungora, dan Cibalong untuk wilayah Garut selatan,” kata Sofyan dalam rakor Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Baca Juga:  Mengenal Siti Aisyah Politisi 'Kahot' dan Memori Pilgub Jabar 2018

Menurutnya, pemilihan lokasi cek poin hewan PMK itu merupakan upaya bersama pemda Garut, untuk menekan lalu lintas peredaran komoditas ternak yang berpotensi membawa PMK. “Pengecekan di lima wilayah ini diperkirakan menjadi lokasi yang rawan, tempat jalur masuknya hewan ternak dari luar Kabupaten Garut,” tuturnya.

Mereka akan bekerja sesuai bersama Satuan Tugas (Satgas) PMK berisikan tenaga medis ternak, untuk mengawasi lalu lintas hewan ternak yang datang dari dan ke luar Garut.

Baca Juga:  Berikut Titik Cek Poin Satgas Covid-19 di Kawasan Bogor