Cek Sekarang! Sudah Berapa Nomor Hp Yang Terdaftar Di NIK, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Sudah lama pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) melalui Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2018 menerapkan kebijakan bahwa setiap nomor Hp yang diregistrasi harus menggunakan nomor identitas seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Namun tahukah Anda jika satu NIK dan KK bisa digunakan lebih dari satu nomor Hp? Ya, NIK dan KK bisa sekaligus digunakan untuk tiga nomor Hp meskipun berbeda operator seluler.

Lalu apakah Anda sudah tau ada berapa nomor Hp yang sudah terdaftar di NIK dan KK Anda? Tenang, Jabarnews telah merangkum cara untuk melakukan pengecekan nomor Hp yang di registrasi dengan NIK dan KK Anda.

Baca Juga:  Rupiah Menguat Usai Libur Lebaran

Simak, begini langkah untuk mengecek nomor Hp yang ada di NIK dan KK Anda:

XL dan Axis – Untuk pengguna operator seluler XL, ANda tinggal melakukan pengecekan melalui log panggilan, mengetikan nomor *123*4444# kemudian panggil melalui nomor XL yang digunakan. Setelah itu akan muncul box dialog dengan menampilkan nomor Hp Anda dan terdaftar di NIK Anda.

Untuk mengetahui jumlah nomor Hp yang terdaftar di NIK tersebut, anda tinggal membalas box dialog tadi dengan mengetikan angka 1 lalu kirim. Disitu muncul enam angka awal NIK dan tiga angka terakhir NIK disertai dengan empat angka awal nomor Hp dan tiga angka terakhirnya. Jadi sudah tau nomor mana saja yang terdaftar di NIK Anda?

Baca Juga:  Ngeri! Remaja yang Diculik Penagih Utang di Tasikmalaya Ngaku Diancam: Peluru atau Borgol?

Telkomsel – Berbeda dengan cara yang digunakan pada operator XL dan Axis, cara yang digunakan untuk Telkomsel ini memerlukan adanya koneksi internet untuk mengetahui nomor Hp yang terdaftar di NIK Anda.

Adapun situs yang digunakan Telkomsel untuk mengetahui nomor Hp di NIK ada adalah; www.telkomsel.com/cek-prepaid.

Selain situs resmi tersebut, Pengguna Telkomsel juga bisa melakukan pengecekan melalui bantuan call center di nomor 08071811811. Kemudian, kamu juga bisa datang ke gerai Grapari untuk pengecekan langsung.

Indosat – Tadi sudah dijelaskan dua cara untuk mengecek nomor Hp di NIK yaitu XL dan Axis melalui log panggilan dan Telkomsel melalui laman resminya. Kini Indosat melalui layanan SMS.

Baca Juga:  RSUD Dr Slamet Garut Kebakaran, BPBD Jabar Beberkan Hal Ini

Untuk melakukan pengecekan, pengguna operator seluler Indosat cukup ketik SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN. Lalu, kirim ke nomor 4444.

Tri – Tak berbeda jauh dengan Telkomsel, layanan operator seluler Tri juga menyediakan fitur pengecekan nomor Hp di NIK melalui laman resmi milik Tri.

Pengguna Tri bisa melalui website https://registrasi.tri.co.id untuk melakukan pengecekan nomor Hp di NIK.

Kesimpulannya, dalam SE Kominfo Nomor 01 Tahun 2018 tersebut masing-masing NIK dan KK hanya bisa meregistrasi tiga nomor Hp dengan berbeda operator ataupun sama.

Penulis: Solahudin