Dana Desa II Baregbeg Belum Cair, Pembangunan Terhambat

JABARNEWS | CIAMIS – Dana Desa (DD) tahap II sampai bulan Oktober ini belum juga cair, padalah seharunya dana tersebut sudah selesai.

Menurut Kades Baregbeg, Ade Iwan, pada tahun 2017, pencairan (DD) tahap satu hingga tahap tiga berjalan baik. Tapi tahun sekarang belum jelas kapan turun dan cair.

“Padahal desa sangat membutuhkan DD untuk melanjutkan pembangunan di desa,” jelas Ade dikutip harapanrakyat.com.

Baca Juga:  Ditetapkan Tersangka, Pengendara Harley Davidson Penabrak Bocah di Pangandaran Resmi Ditahan

Kata Ade, pihaknya sudah menyelesaikan administrasi pelaporan pertanggungjawaban penggunaan DD tahap I sebagai dasar untuk pencairan DD tahap II.

“Sekarang sudah lewat bulan, malah sudah mau akhir tahun, tapi DD tahap II belum juga cair,” katanya.

Seharusnya DD tahap II cair sekitar bulan Agustus. Tapi sampai sekarang, Ade mengaku tidak tahu penyebab lambatnya pencairan DD. Menurut dia, dari 9 desa di Baregbeg, 5 desa belum menerima DD tahap II.

Baca Juga:  Waduh.. Ada 58 Desa Masih Berstatus Tertinggal di Garut

Ade pun mengatakan, keterlambatan pencairan DD tahap II bisa menghambat program pembangunan di desa. Karennya ia berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis segera mencairkan DD tahap II agar program pembangunan di desa tidak terkendala.

Sementara itu, Sekretatis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Krishna Gunawan, mengaku akan menginventarisir desa mana saja yang belum mendapatkan pencairan DD tahap II.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Jambu Kristal Yang Populer, Bisa Atasi Flu Dan Batuk

“Kami akan lihat kembali data, mana saja desa yang belum cair DD tahap dua. Bagi desa yang DD tahap duanya belum cair, harap bersabar, kami pastikan DD tahap II turun,” jelasnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat