Demokrat Ciamis Latih Ribuan Kader Sebagai Saksi di TPS

 

JABARNEWS | CIAMIS – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melatih ribuan saksi untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Pelatihan saksi ini disebar ke enam daerah pemilih (dapil) se-Kabupaten Ciamis.

“Pelatihan ini diikuti oleh 3.939 orang saksi yang tersebar di semua dapil Ciamis,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis, Anjar Asmara, Jumat, (2/2/2024).

Anjar mengatakan kegiatan pelatihan saksi ini bertujuan untuk mendongkrak suara Partai Demokrat khusunya di Ciamis dari Pemilu tahun 2019 lalu.

Saksi-saksi yang hadir ini merupakan kader Partai Demokrat di setiap wilayah se-Kabupaten Ciamis

“Jadi melalui kegiatan ini kami menekankan kepada kader Demokrat yang bertugas menjadi saksi di setiap TPS untuk mendongkrak suara Partai Demokrat di Pemilu 2024 bisa lebih bagus lagi dari 2019 lalu,” kata Anjar yang juga Caleg DPRD Provinsi Jabar dapil 10.

Baca Juga:  Natrom si Dewa Matahari Asal Bekasi Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Materi Pelatihan Saksi Partai Demokrat Ciamis

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Ciamis, Erik Kridasetia mengatakan dalam pelatihan saksi di setiap TPS ini pihaknya menyampaikan pemahaman tentang tata cara, hak dan kewajiban saat mereka bekerja nanti ketika pelaksanaan Pemilu 2024.

“Dalam pelatihan ini kami memberikan pemahaman tentang tata cara, hak dan kewajiban mereka sebagai saksi di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara),” kata Erik saat ditemui di lokasi pelatihan dapil VI Kabupaten Ciamis.

Baca Juga:  Demokrat Ciamis Buka Peluang Penyandang Disabilitas Berkarir di Dunia Politik

Ia menyebutkan para saksi di setiap TPS harus paham terkait tugas dan fungsi mereka saat pelaksanaan Pemilu 2024, dimana mereka wajib mendapatkan hak berkas C1 dan lain-lain.

Kemudian, kewajiban mereka mengikuti semua tahapan di TPS dari awal sampai akhir mulai dari diambil sumpah hingga penghitungan hasil suara.

“Terus melaporkan hasil total pengitungan itu dari saksi tps ke ranting atau koordinator desa tentang hasil penghitungan termasuk C1-nya,” katanya.

Erik juga menjelaskan bahwa kegiatan ini, Partai Demokrat Ciamis melibatkan semua calon legislatif yang sedang berkontestasi di Pemilu 2024 untuk memaparkan peran dan fungsi kepada saksi-saksi yang hadir.

Baca Juga:  Tawuran Geng Motor di Bogor Berhasil Digagalkan, Pelaku Ada yang di Bawah Umur

“Jadi caleg-caleg juga hadir di setiap kegiatan pelatihan yang ada di dapilnya, baik caleg DPRD Kabupaten, terus ada perwakilan DPRD Provinsi dapil XIII, Anjar Asmara, dan perwakilan DPR RI, Yosa Octora Santono,”tuturnya.

Sementara itu perwakilan caleg DPR RI Yosa Octora Santono menilai langkah yang dilakukan DPC Partai Demokrat Ciamis ini sangat baik.

Menurutnya, langkah ini tidak hanya menamkan tentang kepentingan politik saja melainkan juga mengenI kekeluargaan.

“Kegiatan ini bagus, menanamkan kekeluargaan semoga sesama kader bisa lebih kompak hingga bisa mendongkrak suara Partai Demokrat di Pemilu 2024,”pungkasnya.***