Dinkes Garut Minta Masyarakat Waspadai Jajanan Chiki Ngebul: Bisa Merusak Jaringan Tubuh!

Chiki Ngebul
Puluhan anak di Jawa Barat mengalami gejala keracunan usai mengkonsumsi Chiki Ngebul. (foto: istimewa)

JABARNEWS | GARUT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut meminta masyarakat untuk mewaspadai setiap jajanan anak seperti Chiki Ngebul yang berbahaya bagi kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Garut Asep Surachman mengatakan, jajanan Chiki Ngebul yang selama ini dikenal masyarakat, terutama kalangan anak-anak sudah harus menjadi perhatian karena adanya kandungan yang dinilai berbahaya.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Resmi Gantikan Bandara Husein Bandung, Ini Rute Penerbangannya

“Kalau penggunaan zat nitrogen tersebut berlebihan, tidak sesuai dengan standar, akan berdampak kepada kesehatan manusia, dalam hal ini bisa merusak jaringan tubuh,” kata Asep melalui keterangan tertulis di Garut, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Subang Tembus Angka 815 Orang Yang Terpapar

Dia menjelaskan, akibat jajanan itu, dilaporkan sudah ada korban anak-anak yang keracunan setelah mengkonsumsi Chiki Ngebul seperti yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga:  Pemkab Garut Alokasikan Rp5 Miliar untuk Pembangunan RSU Limbangan, Helmi Budiman Bilang Begini

“Kabupaten Tasikmalaya ada 24 orang di mana satu orang dirujuk dan yang lainnya baru gejala tapi bisa ditangani, kemudian di Bekasi ada empat orang, satu orang di antaranya harus mendapatkan penanganan khusus,” jelasnya.